Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo diangkat menjadi Warga Kehormatan Korps Marinir, TNI Angkatan Laut (AL) dalam upacara pembaretan di Pulau Damar Besar, Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa.

Bamsoet diangkat sebagai Warga Kehormatan Marinir bersama Ketua DPR RI Puan Maharani, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Bamsoet dalam keterangan tertulisnya menjadi Warga Kehormatan Marinir ke-41 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

Baca juga: Ketua DPR diangkat jadi warga kehormatan Korps Marinir

Baca juga: Puan: DPR dukung penguatan TNI


Prosesi pengangkatan Bamsoet sebagai Warga Kehormatan Marinir dilakukan dengan rangkaian simulasi perang. Dari KRI Parang, rombongan pindah menaiki KRI Banda Aceh-593.

"Sebuah kebanggaan sekaligus kehormatan mendapatkan penghargaan ini, yang bukanlah semata pengakuan atas integritas dan dedikasi dalam menjalankan tugas-tugas kenegaraan," tutur Bamsoet.

Dia menyatakan pengukuhan sebagai warga kehormatan itu juga menyiratkan amanah dan tanggung jawab, untuk mengimplementasikan jiwa korsa dan meneladani semangat pengabdian prajurit Korps Marinir, yang selalu siap berkorban jiwa dan raga, demi keutuhan dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: Kasad dikukuhkan sebagai warga kehormatan Korps Marinir TNI AL

Baca juga: Kapolri diangkat menjadi Warga Kehormatan Korps Marinir


Bamsoet mengapresiasi kontribusi Korps Marinir yang tidak hanya diwujudkan sebagai Komando Utama Operasi TNI yang bertugas menjaga pertahanan dan keamanan wilayah teritorial strategis. Melainkan juga sebagai Komando Utama Pembinaan TNI Angkatan Laut yang bertugas membina kekuatan dan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan matra laut yang disegani.

Sejarah mencatat peran penting Korps Marinir yang selalu menjadi bagian dari solusi atas berbagai persoalan sosial. Misalnya, dalam penanggulangan dampak bencana alam melalui berbagai aksi sosial kemanusiaan, serta membantu operasi pencarian dan penyelamatan (search and rescue) pada berbagai insiden kecelakaan.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023