Singapura (ANTARA) - Saham-saham Asia naik ke level tertinggi baru tujuh bulan pada awal perdagangan Kamis pagi, dengan saham Hong Kong mengejar kenaikan pasar lain ketika perdagangan dilanjutkan kembali setelah tiga hari liburan Tahun Baru Imlek.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang terangkat 0,56 persen menjadi 555,81 poin. Indeks Hang Seng Hong Kong diperdagangkan 1,6 persen lebih tinggi, namun Nikkei Jepang dibuka 0,25 persen lebih rendah.

Perdagangan tipis pada Kamis dengan Australia tutup untuk liburan dan beberapa bagian Asia, termasuk China, masih jauh dari Tahun Baru Imlek.

Pedagang bertaruh bahwa Federal AS akan segera mengurangi kebijakan kenaikan suku bunga yang agresif, mendapat dorongan setelah bank sentral Kanada pada Rabu (25/1/2023) menjadi bank sentral besar pertama yang mengatakan kemungkinan akan menunda kenaikan lebih lanjut untuk saat ini.

Setelah serangkaian kenaikan suku bunga yang sangat besar tahun lalu, bank sentral AS sekarang sebagian besar diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin yang lebih kecil minggu depan di tengah tanda-tanda bahwa inflasi mereda.

"Rilis PDB AS hari ini akan menjadi kepentingan utama untuk mengukur apakah ekspektasi pasar bergeser mendukung soft landing daripada resesi dapat terus berlanjut," kata ahli strategi Saxo dalam sebuah catatan kepada klien.

Prospek kecepatan yang kurang agresif dalam pengetatan moneter telah memicu ekspektasi apa yang disebut soft landing - sebuah skenario di mana inflasi mereda dengan latar belakang pertumbuhan ekonomi yang melemah namun tangguh.

Tetapi laporan laba perusahaan yang lemah sejauh ini telah menghidupkan kembali kekhawatiran atas dampak ekonomi dari kebijakan pembatasan Fed dan S&P 500 berakhir lebih rendah semalam.

Boeing Co pada Rabu (25/1/2025) melaporkan kerugian yang lebih luas untuk 2022 karena kelemahan di unit pertahanannya dan memperingatkan masalah rantai pasokan lebih lanjut, dengan pembuat pesawat AS gagal memenuhi ekspektasi Wall Street pada pendapatan dan laba per saham untuk kuartal terakhir tahun ini.

Perhatian investor juga akan tertuju pada pertemuan Bank Sentral Inggris dan Bank Sentral Eropa minggu depan, dengan pedagang mencari petunjuk kapan bank sentral cenderung berubah dovish.

Di pasar mata uang, indeks dolar yang mengukur mata uang AS terhadap enam rival utamanya, berada di 101,57, tidak jauh dari level terendah delapan bulan di 101,51 yang disentuh minggu lalu.

Yen Jepang menguat 0,32 persen menjadi 129,19 per dolar, sementara sterling diperdagangkan terakhir di 1,2407 dolar, naik 0,06 persen pagi ini.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun turun 1,7 basis poin pada 3,445 persen, sedangkan hasil pada obligasi 30-tahun turun 2,2 basis poin pada 3,602 persen.

Bagian kurva imbal hasil obligasi AS yang diawasi ketat yang mengukur kesenjangan antara imbal hasil dua dan 10-tahun, dilihat sebagai indikator ekspektasi ekonomi, berada di -68,8 basis poin. Pembalikan kurva ini telah memprediksi delapan dari sembilan resesi terakhir, kata para analis.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS dua tahun, yang biasanya bergerak sejalan dengan ekspektasi suku bunga, turun 0,6 basis poin menjadi 4,131 persen.

Harga minyak naik karena stok minyak mentah AS bertambah lebih sedikit dari yang diharapkan, dengan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 0,42 persen menjadi 80,49 dolar AS per barel dan Brent naik 0,14 persen pada 86,24 dolar AS per barel.

Harga emas mencapai tertinggi sembilan bulan pada Kamis pagi, dengan emas spot datar di 1.946,73 dolar AS per ounce setelah mencapai level tertinggi sejak April 2022.

Baca juga: Saham Asia naik ke tertinggi 7-bulan, inflasi angkat dolar Australia

Baca juga: Kerugian saham Asia meluas, tertekan data PDB China yang lemah

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023