Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (Pustu) Mahameru mulai melayani penyintas bencana Gunung Semeru yang berada di relokasi Bumi Semeru Damai di Desa Sumbermujur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Saya berharap, pustu itu bermanfaat bagi masyarakat hunian tetap yang berada di relokasi Bumi Semeru Damai," kata Sekretaris daerah Lumajang Agus Triyono saat meresmikan Pustu Mahameru di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Kamis.

Menurutnya keberadaan pustu itu bukan hanya mendirikannya saja, namun menjadi tanggung jawab masyarakat juga untuk ikut menjaga dan merawatnya agar tetap dapat memberikan pelayanan kesehatan dengan baik.

"Pemerintah Kabupaten Lumajang mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam pembangunan Pustu Mahameru yang merupakan fasilitas pelayanan kesehatan di lingkungan Bumi Semeru Damai," tuturnya.

Ia menjelaskan Pustu Mahameru menjadi salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan masyarakat penyitas erupsi Gunung Semeru yang kini menempati hunian tetap di lahan relokasi.

Total sebanyak 1.951 kepala keluarga (KK) akan bermukim di Bumi Semeru Damai, sehingga sejumlah fasilitas untuk masyarakat harus memadai karena diprediksi nantinya ada sekitar 6.000 orang menempati hunian relokasi tersebut.

"Kami menyiapkan beberapa fasilitas umum termasuk fasilitas kesehatan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat," katanya.

Menurutnya fasilitas kesehatan yang tepat untuk memberikan pelayanan kesehatan adalah berupa puskesmas pembantu yang merupakan jaringan dari puskesmas, yaitu jaringan Puskesmas Penanggal.

"Salah satu peran fasilitas pelayanan kesehatan adalah mendekatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga dibangun Pustu di Bumi Semeru Damai," ujarnya.

Agus menjelaskan salah satu wewenang puskesmas pembantu adalah menyelenggarakan pelayanan kesehatan dasar, menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang mengutamakan promotif, preventif dan juga kuratif, dengan tujuan utama menjaga masyarakat yang sehat agar tetap sehat, yang sakit dapat menjadi sehat kembali.

Baca juga: Jembatan kaca Bromo diharapkan beri manfaat untuk warga
Baca juga: 1.658 KK penyintas erupsi Semeru sudah terima kunci hunian di relokasi

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023