Desa wisata merupakan program unggulan karena terbukti sebagai pandemic winner. Di tengah situasi pandemi, tingkat kunjungan wisatawan meningkat cukup signifikan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong para kepala daerah untuk menaruh perhatian yang lebih besar terhadap pengembangan desa wisata karena terbukti efektif dalam mendorong kebangkitan ekonomi.

"Desa wisata merupakan program unggulan karena terbukti sebagai pandemic winner. Di tengah situasi pandemi, tingkat kunjungan wisatawan meningkat cukup signifikan," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Ia turut menyampaikan dalam dua tahun terakhir tingkat kunjungan wisatawan ke desa wisata meningkat 30 hingga 50 persen, terutama di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Pihaknya memaparkan desa wisata Tinalah, Kabupaten Kulonprogo, DIY, mengalami peningkatan jumlah wisatawan dari 3.300 wisatawan pada tahun 2021 menjadi 6.000 wisatawan sepanjang tahun 2022.

Kemudian desa wisata Sembungan di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, terdapat peningkatan jumlah wisatawan dari 105.000 wisatawan pada tahun 2021 menjadi 140.000 wisatawan sepanjang tahun 2022.
 
Di desa wisata Ngilngof, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, terdapat peningkatan jumlah wisatawan dari 92.000 wisatawan pada tahun 2021 menjadi 99.000 wisatawan sepanjang tahun 2022, dengan pemasukan turut mengalami kenaikan hingga 100 persen dari sebelumnya.

Sementara desa wisata Tondok Bakaru, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, sepanjang tahun 2022 terdapat 11.000 wisatawan, dimana puncaknya adalah pada masa Natal dan tahun baru yang mencapai 10.000 wisatawan.

Bahkan, lanjut Sandi, Presiden Jokowi secara khusus telah meminta daftar desa wisata, dengan tujuan setiap kunjungan kerjanya, Presiden bakal menyempatkan waktu melihat desa wisata atau kampung tematik.

Untuk itu, ia berharap desa wisata kami dapat mendorong capaian pergerakan wisatawan nusantara yang tahun ini ditargetkan mencapai 1,4 miliar pergerakan.

Meski dengan anggaran yang terbatas, Sandi mengajak kepala daerah untuk berkolaborasi dengan kementeriannya, baik dalam hal dukungan kegiatan maupun pelatihan dan pendampingan.

Baca juga: Lewat bimbingan teknis, Menparekraf berupaya kembangkan desa wisata
Baca juga: Danone Indonesia turut kembangkan 14 desa wisata
Baca juga: Disparbud Jawa Barat fokus kembangkan Desa Wisata pada 2023

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023