Manado (ANTARA) - Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menyiapkan makanan siap saji untuk membantu warga korban banjir Kota Manado.

"Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw menginstruksikan agar SKPD menyediakan makanan siap saji untuk membantu korban banjir dan longsor," sebut Kepala BKD Sulut, Clay Dondokambey di Manado, Jumat.

Bantuan makanan siap saji ini, kata dia, akan didistribusikan bagi masyarakat yang harus segera diberikan bantuan awal secepatnya.

Gubernur dan Wagub memerintahkan segenap jajaran SKPD dalam koordinasi Sekdaprov Steve Kepel dan para asisten untuk menyiapkan makanan siap saji dan air mineral.

"Instruksi Pak Gubernur dan Pak Wagub serta Pak Sekdaprov langsung ditindaklanjuti. Sejumlah makanan siap saji serta air mineral langsung disiapkan dan disalurkan kepada warga terdampak bencana. Pejabat dan staf saat ini siaga dan stand by," ungkapnya.

Baca juga: Polda Sulut dan jajaran lakukan penanganan banjir di Manado

Baca juga: Gubernur Sulut: Bendungan Kuwil Kawangkoan kendalikan banjir di Manado

Baca juga: Tiga sungai di Manado dikeruk untuk atasi banjir


Dia menambahkan, makanan siap saji juga sementara disiapkan para SKPD lainnya untuk disalurkan.

"Diharapkan bisa menjangkau warga terdampak bencana. Mengingat situasi hingga siang hari ini, curah hujan deras masih terus mengguyur Kota Manado," katanya.

Banjir di kota Mando dan sekitarnya terjadi sejak Kamis malam (26/1) akibat curah hujan yang tinggi dan sedikitnya menerjang delapan kelurahan dengan ketinggian air mencapai 50 cm hingga satu meter .

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat serta angin kencang di sejumlah wilayah Sulawesi Utara. Terdapat sebanyak 12 wilayah di Sulut yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem termasuk di Kota Manado.

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023