Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh akan menerima sebanyak 6.185 mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 melalui lima jalur seleksi kata pejabat di kampus tersebut.
 

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr Muhammad Yasir Yusuf di Banda Aceh, Jumat mengatakan ke lima alur penerimaan tersebut terdiri dari SPAN PTKIN dan SNBP, jalur ujian melalui UM-PTKIN, UTBK-SNBT dan seleksi mandiri PMB Lokal.
 

"Jumlah penerimaan mahasiswa baru tahun 2023, berdasarkan SK Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh yaitu jalur seleksi di bawah Kementerian Agama, Kemendikbudristek dan terakhir PMB Lokal ,"katanya.
 

Yasir merincikan untuk jalur seleksi di bawah Kementerian Agama yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).
 

Sementara seleksi di bawah Kemenristekdikti ada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Test atau UTBK-SNBT.
 

Ia menyebutkan UIn Ar-Raniry akan menerima 45 persen melalui jalur SPAN, 40 persen melalui SNBP, 30 persen UM PTKIN, 40 persen dari SNBT dan terakhir dari jalur PMB Lokal 25 persen.

Ia mengatakan untuk tahapan dan jadwal pendaftaran semua jalur tersebut dapat dilihat pada brosur atau pengumuman pada website dan laman resmi UIN Ar-Raniry, https://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/ atau call center 0823 7034 0228 dan 0823 7080 4528.


Baca juga: UIN Ar Raniry sosialisasi penerimaan mahasiswa di pantai barat Aceh

Baca juga: UIN Ar-Raniry buka program studi Teknik Fisika

Baca juga: Banda Aceh gandeng perguruan tinggi untuk tingkatkan kualitas pendidik

 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023