Lahan di Pulau Tidung Kecil bisa dijadikan kebun bibit
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu memanen 75 kilogram (kg) cabai dan terong dari lahan pertanian seluas 7.000 meter persegi di Pulau Tidung Kecil, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Jumat.

“Hasilnya bisa diberikan untuk warga maupun penyedia jasa lainnya perorangan (PJLP),” ujar Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu Kepulauan Seribu Devi Lidya dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Devi mengatakan pada lahan pertanian tersebut sudah ditanami 300 tanaman cabai dan 80 tanaman terong.

Dia menambahkan, panen cabai sudah dua kali di lahan pertanian Pulau Tidung Kecil itu, sedangkan terong baru perdana.

Baca juga: PJ Gubernur DKI tanam cabai di Jagakarsa untuk ketahanan pangan

Untuk menambah jumlah tanaman di sana, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu kembali menanami 144 pohon produktif di lahan pertanian Sudin KPKP Kepulauan Seribu di Pulau Tidung Kecil, Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan.
Bupati Kepulauan Seribu Junaedi menanam pohon di lahan pertanian Sudin KPKP Kepulauan Seribu di Pulau Tidung Kecil, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Jumat (27/1/2023). ANTARA/HO-Kominfotik Kepulauan Seribu

Adapun jenis pohon produktif yang ditanam antara lain 15 pohon sukun, empat pohon jambu, lima pohon mangga, 60 tanaman terong serta 60 tanaman cabai.

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi ikut serta menanam pohon di Pulau Tidung Kecil pada kesempatan itu.

Junaedi ingin kelak ada kebun bibit di Pulau Tidung Kecil guna mewujudkan program ketahanan pangan bagi warga setempat.

Baca juga: Heru serahkan enam ribu bibit cabai jaga ketahanan pangan

“Lahan di Pulau Tidung Kecil bisa dijadikan kebun bibit untuk menanam pohon produktif, yang hasilnya bisa membantu dalam rangka ketahanan pangan,” kata Junaedi.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023