bersama warga telah menyiapkan  ratusan lokasi 
JAKARTA (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Selatan menyebut pertanian perkotaan (urban farming) bisa menjadi solusi memperkuat ketahanan pangan di tengah kemarau.

"Kami mengajak warga memanfaatkan lahan untuk ditanami di tengah kemarau  berkepanjangan seperti sekarang ini untuk memperkuat ketahanan pangan," kata Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan Hasudungan Sidabalok saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Dalam menciptakan ketahanan pangan, Hasudungan mengatakan bersama warga telah menyiapkan  ratusan lokasi urban farming yang tersebar di wilayah Jakarta Selatan.

"Tercatat hingga September 2023 kita berhasil membangun 258 lokasi urban farming di wilayah Jakarta Selatan," kata dia.

Dia juga mengatakan pihaknya juga telah membangun urban farming di atap gedung pencakar langit atau rumah mewah binaan Sudin KPKP Jakarta Selatan.

Dia menyebut empat lokasi urban farming itu tersebar di sejumlah wilayah seperti pada lokasi atap RW 08 Kelurahan Lebak Bulus, atap Seruni Indah Kebayoran Lama Selatan, atap Sakinah Pondok Pinang, dan atap Mawar Cipulir.

Dia menambahkan saat ini pihaknya juga membagikan 7.130 bibit tanam produktif kepada setiap kelurahan di wilayah Jakarta Selatan dengan rincian 5.062 tanaman toga dan 2.068 tanaman produktif pada September 2023.

Kemudian Sudin KPKP juga melakukan pembinaan budidaya tanaman, pengendalian organisme pengganggu tanaman, dan pelatihan diversifikasi olahan hasil pertanian untuk menambah omzet sehingga meningkatkan minat pelaku urban farming.

Berdasarkan data Sudin KPKP Jakarta Selatan, tercatat sebanyak 238 penggiat pertanian perkotaan, 20 rak hidroponik untuk gang hijau baru, tiga rak hidroponik untuk penataan kawasan Jakarta Selatan dan 25.946 kilogram hasil panen budidaya pertanian selama 2022.

Sedangkan, pada 2022 pula, Sudin KPKP Jakarta Selatan merealisasikan bantuan benih ikan berupa 193.850 benih ikan nila, 92.150 benih ikan lele, 30 benih ikan koi, dan 60 benih platy.
Baca juga: DKI Jakarta gencarkan pertanian perkotaan
Baca juga: Pemkot Jakpus gencarkan pertanian perkotaan
Baca juga: SMAN 13 Jakarta membuat kebun di atap masjid sekolah

Pewarta: Erlangga Bregas Prakoso
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023