Iya dilakukan pergantian
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan pergantian Ketua Dewan Pengawas Perumda Pasar Jaya dari Sutrisno Muslimin ke Mayjen TNI (Purn) Suko Pranoto  untuk meningkatkan kinerja perusahaan daerah tersebut, pada Kamis (26/1).

"Iya dilakukan pergantian dengan harapan membawa pengaruh positif bagi Perumda Pasar Jaya yakni dari sekarang yang sudah baik, ke arah yang lebih baik," kata Pelaksana Tugas (plt) Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta Fitria Rahadiani di Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut, Fitria mengatakan penggantian Sutrisno Muslimin merupakan upaya penyegaran dalam jajaran Dewan Pengawas Perumda Pasar Jaya dan dia menjamin pergantian ini sudah dilakukan sesuai dengan prosedur dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Gubernur sebagai kepala daerah yang mewakili pemerintah daerah dalam kepemilikan Kekayaan Daerah Yang Dipisahkan (KPM) pada Perusahaan Umum Daerah Pasar Jaya mempunyai kewenangan dalam memutuskan pengangkatan dan pemberhentian Dewan Pengawas," ujar Fitria.

Baca juga: Pasar Jaya pastikan lelang stok cadangan beras terbuka dan transparan

Fitria menerangkan Perumda Pasar Jaya merupakan BUMD yang seluruh modalnya dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan melaksanakan pelayanan umum dalam bidang pengelolaan pasar sebanyak 153 pasar, pembinaan pedagang pasar dan juga mengembangkan bisnis perkulakan dan retail.

Karenanya dia berharap Suko Pranoto selaku Ketua Dewan Pengawas Perumda Pasar Jaya baru dapat memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan kinerja Perumda Pasar Jaya melalui peningkatan tata kelola perusahaan yang baik.

"Semoga Suko Pranoto sebagai Dewan Pengawas Perumda Pasar Jaya yang baru mampu melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab," kata Fitria.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, jabatan terakhir Mayjen TNI (Purn) Suko Pranoto adalah Asisten Intelijen Kepala Staf Angkatan Darat (Asintel KASAD).

Baca juga: Beras yang menguning di Pulo Gadung adalah stok cadangan retail Pasar Jaya

Mayjen TNI (Purn) Suko Pranoto juga pernah menjabat sebagai Dandim 0808/Blitar (2005-2007); Waasintel Kostrad; Asintel Kasdam Jaya; Perwira Staf Ahli Bidang Manajemen; Kabalak Pam Pusintelad (2012-2013); Sekretaris Pusintelad (2013-2015); Kabinda Kalimantan Selatan BIN (2015) hingga Pangdam XVI/Pattimura (2017).

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023