Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya memastikan keamanan di berbagai pasar di Jakarta terjaga saat terjadi lonjakan jumlah pengunjung pada Ramadhan hingga Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kami bersama-sama dengan instansi terkait, telah berkolaborasi untuk memastikan lonjakan pengunjung tetap aman dan terkendali," kata Manajer Hubungan Masyarakat (Humas) 
Perumda Pasar Jaya Agus Lamun saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Agus menuturkan pihaknya telah menggandeng Satpol PP DKI maupun wilayah untuk memastikan pasar di bawah naungan Pasar Jaya minim kriminalitas yang merugikan pengelola maupun pengunjung.

Terlebih, pihaknya juga melakukan penugasan melalui piket bergilir demi memastikan situasi aman di setiap waktu dan tempat.

Baca juga: APPBI optimis pengunjung pusat perbelanjaan meningkat saat Ramadhan

Selain itu, pihaknya mengimbau pengunjung untuk tetap waspada dengan menjaga diri dan barang bawaan selama mengunjungi pasar.

"Kita juga mengimbau kepada seluruh pengunjung agar tetap waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tentunya," ujarnya.

Tercatat pada Selasa (2/4), pengunjung Pasar Tanah Abang Blok B mencapai sebanyak 29.800 orang dari pukul 06.00 hingga 16.00 WIB.

Adapun puncak jumlah pengunjung tercatat sebanyak 54 ribu orang mengunjungi Pasar Tanah Abang Blok B sebagai bentuk antusiasme menjelang Lebaran Idul Fitri.

Baca juga: Legislator minta Satpol PP buat skala prioritas pengamanan Ramadhan

Sebelumnya, Koordinator Lapangan Satpol PP Jakarta Pusat Asep Nasrudin mengatakan sebanyak 100 personel gabungan Satpol PP, TNI/Polri dan Dinas Perhubungan (Dishub) dikerahkan untuk melakukan penjagaan di kawasan pusat perbelanjaan Tanah Abang, hingga H-1 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kehadiran petugas untuk memastikan situasi lapangan tetap kondusif dan terkendali. Karena itu, personel kami sebar ke sejumlah titik rawan di Tanah Abang," ujar Asep, Minggu (31/3).

Ratusan personel itu ditempatkan di titik-titik seperti area depan Tanah Abang Blok A, Blok B, Blok F, Jatibaru 2, dan tikungan Blok G. Selain petugas yang siaga di titik rawan, pihaknya juga menyiagakan tim yang melakukan patroli berkala.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024