Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Simon Lamakadu meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) DKI Jakarta membuat skala prioritas terkait penjagaan keamanan termasuk di Pasar Tanah Abang selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

"Satpol PP bisa membuat skala prioritas menyesuaikan kebutuhan, misalnya, berjaga di Tanah Abang yang semakin ramai jelang bulan Ramadhan," kata Simon di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu.

Simon mengingatkan pentingnya Satpol PP DKI memastikan situasi keamanan dan kenyamanan terutama saat warga belanja di pusat perbelanjaan yang ramai.

Hal ini juga mengingat agar Tanah Abang tetap diminati banyak warga dengan adanya peningkatan keamanan di lokasi.

"Kalau dari sisi pemerintah, Satpol PP bisa diterjunkan lebih banyak lagi sehingga kenyamanan keamanan warga tetap terjaga," ujarnya.

Baca juga: Legislator desak DKI tertibkan parkir liar di Tanah Abang 

Dia menuturkan petugas Satpol PP tentunya bisa dikerahkan mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga provinsi untuk memaksimalkan tenaga yang terbatas.

Pada Minggu (31/3) lalu, tercatat pengunjung terbanyak di Pasar Tanah Abang Blok B dengan total sebanyak 54.827 orang mengunjungi kawasan tersebut menjelang Ramadhan.

Total kunjungan tersebut mulai dari pukul 06.00 hingga 16.00 WIB.
 
Adapun rinciannya, yakni sebanyak 11.198 pada pukul 09.00 WIB, 16.388 pada pukul 11.00 WIB, 15.218 pada pukul 13.00 WIB dan 12.023 pada pukul 16.00 WIB.

Baca juga: 54 ribu orang kunjungi Pasar Tanah Abang Blok B jelang Lebaran

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggiatkan patroli pengawasan di kawasan Pasar Tanah Abang untuk memastikan kondisi keamanan dan ketertiban tetap kondusif selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Terkait permasalahan ketertiban umum di Kawasan Pasar Tanah Abang menjelang Idul Fitri, beberapa hal yang dilakukan Pemprov DKI mulai dari patroli pengawasan hingga imbauan secara intensif dan rutin di seputar kawasan," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI Jakarta Pusat, Senin.

Selain itu, Heru mengatakan, patroli pengamanan dan penjagaan kawasan Pasar Tanah Abang tersebut sudah dimulai sejak 28 Maret 2024 melalui kegiatan Pengamanan Terpadu Tingkat Kota di Kawasan Tanah Abang.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024