harga produk di pasar tersebut lebih murah sekitar Rp10-15 ribu ketimbang pasar lainnya
Jakarta (ANTARA) - Pengelola menyebut mayoritas pengunjung kini tak lagi mencari busana Muslim untuk kebutuhan Lebaran 2024 melainkan mencari pakaian atau busana harian yang bisa dipakai untuk berlibur.

"Justru lebih ke busana harian seperti denim, kaos, dan kemeja yang lebih praktis untuk  keperluan jalan-jalan setelah Lebaran," kata pengelola Pasar Blok A Tanah Abang Hery Supriyatna di Jakarta, Kamis.

Hery berpendapat pengunjung umumnya mencari busana Muslim dan perlengkapan shalat justru di awal bulan.

Kalaupun ada yang mencari busana Muslim pada saat ini sifatnya lebih kasual dan bisa dikenakan pada momen selain Lebaran, ucap dia.

"Koko (busana Muslim) masih dicari, tapi yang lebih kasual. Bisa dipakai setelah Lebaran untuk ke kantor, saat Lebaran bisa dipakai untuk berkunjung," kata dia.

Ini dialami sebagian pengunjung, salah satunya Asih (59) asal Petamburan, Jakarta Pusat. Dia mencari gamis bermotif di salah satu toko busana Muslim. Gamis ini, kata dia, bukan untuk dikenakan pada hari Lebaran, melainkan untuk kegiatan sehari-hari.

"Enggak biasa pakai seragam (saat Lebaran) sama suami. Ini (gamis) buat sehari-hari, bahannya viscose (serat) katanya (pedagang)," ujar dia.

Hal senada diungkapkan Neneng asal Jakarta Timur. Dia mengaku berburu kerudung berlogo satu huruf tertentu di Blok A untuk dikenakan selain pada momen Lebaran.

Dia mengatakan harga produk di pasar tersebut lebih murah sekitar Rp10-15 ribu ketimbang pasar lainnya.

Neneng juga memilih berbelanja pada hari kerja ketimbang akhir pekan mengingat potensi kerumunan khususnya menjelang Lebaran yang seringkali membuatnya kesulitan mencari pintu keluar.

"Rp45 ribuan masih dapat. Habis ini langsung balik ke kantor. Cuma cari kerudung saja," kata dia.

Sementara itu, gedung Pasar Blok A Tanah Abang akan ditutup selama hampir dua pekan terhitung 10 April 2024 dan kembali dibuka pada 22 April 2024.
Baca juga: Pengelola sarankan pengunjung datang lebih awal hindari kerumunan
Baca juga: Pasar Blok A Tanah Abang tutup sementara mulai 10 April 2024
Baca juga: Pasar Jaya pastikan keamanan terjaga saat terjadi lonjakan pengunjung

 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024