Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, berencana membangun Jembatan Jongbiru di Kecamatan Gampengrejo pada Mei 2023.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, di Kediri, Minggu, mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait rencana pembangunan Jembatan Jongbiru yang digunakan sebagai salah satu jalur alternatif menuju Bandara Kediri.

"Harapan kami pada Mei 2023 sudah mulai dibangun dan selesai pada Juni 2024. Ini timeline. Kami bersiap membangun dan menyelesaikan Jembatan Jongbiru yang tentunya bekerja sama dengan Kementerian PUPR," katanya.

Baca juga: Pemkab benahi jembatan di Semoyo-Kabupaten Kediri

Ia mengatakan, sesuai dengan rencana jembatan akan dibangun dengan rangka baja. Namun, pihaknya juga tetap akan diskusi lebih lanjut dengan Kementerian PUPR apakah menggunakan rangka beton atau rangka baja.

Ia menambahkan, dengan dibangunnya jembatan diharapkan roda perekonomian masyarakat bisa lebih bergerak. Pemkab Kediri juga sudah melakukan pembebasan tanah milik 59 KK yang berada di sekitar jembatan.

"Harapannya kalau sudah terbangun, maka pertumbuhan ekonomi kota dan kabupaten (Kediri) bisa lebih terakselerasi lagi," ujar dia.

Baca juga: Menhub pantau progres pembangunan Bandara Dhoho Kediri

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kediri Irwan Chandra mengatakan dalam rencana pembangunan Jembatan Jongbiru itu akan menggunakan dua lajur dengan panjang sekitar 130 meter dan lebar 9 meter dengan trotoar sebelah kanan dan kiri 1 meter.

Jembatan Jongbiru akan mengadopsi Jembatan Wijaya Kusuma yang telah dibangun dan menghubungkan Kecamatan Ngadiluwih dan Mojo, Kabupaten Kediri.

"Rencananya awal Mei 2023 mulai dibangun, anggarannya sekitar Rp35 miliar dan multiyears. Juni 2024 diprediksi selesai. Soal pembebasan lahan, selesai semua. Ada 120 bidang tanah, hanya PLN saja yang tinggal bayar, karena menunggu izin direksi," kata Irwan.

Baca juga: Pemkab Kediri persiapkan pembangunan TPA Regional

Pembangunan Jembatan Jongbiru yang menghubungkan Kecamatan Jongbiru dan Kelurahan Mrican, Kota Kediri, bisa sebagai jalur alternatif guna memecah kemacetan di simpang empat Semampir, Kota Kediri.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023