Di tingkat wali kota itu Maret
Jakarta (ANTARA) - Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Jakarta Barat dijadwalkan mulai Maret 2023 ini.

"Di tingkat wali kota itu Maret. Teknisnya mulai dari seleksi kecamatan, setelah itu tingkat kota," kata Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Jakarta Barat, Chandra, saat ditemui di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Minggu.

Ia menjelaskan, proses seleksi tersebut terbuka untuk seluruh sekolah tingkat SMA dan SMK di Jakarta Barat

Chandra menjelaskan, nantinya pihak panitia akan menyeleksi seluruh siswa di tingkat Wali Kota Jakarta Barat.

Setelah itu, beberapa siswa terbaik di tingkat kota akan dikirimkan untuk mengikuti seleksi di tingkat DKI Jakarta.

Baca juga: Jakarta Barat gelar lomba baris berbaris Maju Bersama Raih Juara

Jika terpilih, maka perwakilan dari tingkat kota akan mengikuti upacara hari kemerdekaan di lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta.

Namun, jika tidak terpilih, para perwakilan kota akan kembali ke wilayah masing-masing untuk menjalankan tugas upacara di lapangan kantor wali kota.

"Untuk jumlah siswa yang akan dibutuhkan di tingkat kota dan yang akan dikirim ke tingkat DKI masih dalam pembahasan," kata Chandra.

Chandra pun juga menjelaskan beberapa syarat yang harus dimiliki siswa dalam proses seleksi Paskibraka.

"Pertama tingkat ketinggian putra, diminta sekitar 170 cm tingginya untuk putri 160-165 cm. Untuk fisik sehat bugar dan akademik yang baik secara umum," kata Chandra.

Baca juga: Paskibraka Korban Pelecehan Dimintai Keterangan

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan fisik guna mengantisipasi adanya siswa yang mempunyai penyakit khusus.

"Ada juri teknis soal kesehatan dan nanti bekerja sama dengan Sudin Kesehatan itu juga memeriksa penyakit dari luar dan dalam," jelas Chandra.

Dia berharap para siswa mau mengikuti prosesi seleksi dengan antusias sehingga dapat mewakili Jakarta Barat di tingkat provinsi hingga nasional.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023