Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pemain Timnas U-16 Indonesia Muhammad Iqbal Gwijangge, Femas Aprian Crespo, dan Figo Denis Saputra Ananto membagikan kiat dan semangat mereka untuk anak-anak yang mau mengikuti jejak mereka menjadi pesepak bola profesional.

Kapten Timnas U-16 Muhammad Iqbal Gwijangge mengatakan, hal terpenting untuk dijalani para calon pesepak bola adalah motivasi untuk terus maju dan memperbaiki diri, baik dari segi fisik maupun mental.

Hal itu, lanjut dia, bisa didapatkan seiring dengan seringnya mengikuti latihan hingga kompetisi di berbagai ajang yang sesuai dengan usia.

“Ini mengingatkan saya ketika masih berada di SSB (sekolah sepak bola), dan saat itu selain latihan, saya juga mengikuti turnamen-turnamen sepak bola demi menambah jam terbang. Selain itu, mental juga lebih terbentuk dan ilmu juga bertambah,” ujar Iqbal di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Menilik kualitas Timnas U-20 Indonesia jelang Piala Dunia U-20 2023

Lebih lanjut, sang kapten menilai hal-hal tersebut bagus untuk pengembangan kemampuan di usia muda. “Harapannya semoga bisa menambah semangat mereka dan menjadi bakal calon pemain tim nasional,” katanya.

Bagi Iqbal, menjalani latihan sepak bola sejak dini tak hanya membutuhkan semangat dan kemampuan dasar, namun juga rasa senang alih-alih rasa tertekan.

“Yang penting harus semangat dan senang. Tiap latihan (saya) ada keinginan memberikan yang terbaik, dan motivasi tinggi untuk menggapai cita-cita dan membanggakan orang tua,” ungkap dia.

Adapun Iqbal, yang baru-baru ini mendapatkan kesempatan mengasah kemampuannya di Hungaria, mengatakan siap untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya di Eropa dan berharap dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

Di sisi lain, Figo Denis Saputra Ananto mengatakan tidak apa-apa memiliki sosok idola guna memotivasi diri menjadi lebih baik. “Yang penting terus bekerja keras dan semangat dalam berlatih,” kata Figo.

“Betul. Setiap latihan harus semangat dan maksimal," imbuh Femas Aprian Crespo.

Baca juga: Indonesia siap menjawab kepercayaan untuk menggelar Piala Dunia U20

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023