Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund mencatatkan kemenangan beruntun ketiga mereka pada 2023, usai menundukkan tuan rumah Bayer Leverkusen dengan skor 2-0, pada pertandingan Liga Jerman pekan ke-18, yang dimainkan di BayArena, Leverusen, Senin dini hari WIB.

Kemenangan itu membawa Dortmund naik ke peringkat keempat klasemen sementara, dengan koleksi 34 poin, hanya terpaut tiga poin dari pemuncak klasemen Bayern Munich. Sedangkan Leverkusen turun ke posisi kesembilan dengan 24 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Karim Adeyemi mencetak gol pembukaan Dortmund pada menit ke-33, sebelum gol bunuh diri Edmond Tapsoba pada menit ke-53 memastikan kemenangan 2-0 bagi tim tamu.

Pelatih Dortmund Edin Terzic memainkan Sebastian Haller sejak awal laga, dalam upayanya untuk terus membawa Dortmund menempel Bayern di papan atas klasemen. Namun justru kiper Dortmund Gregor Kobel yang harus bekerja keras lebih cepat, ketika ia menepis tembakan Nadiem Amiri dan sepakan mendatar Moussa Diaby.

Baca juga: Gol Reyna amankan kemenangan 2-1 Dortmund di markas Mainz

Dortmund berhasil membuka keunggulan melalui serangan berbahaya pertama mereka. Haller membiarkan bola umpan silang Julian Brandt dari sisi kanan, untuk kemudian dengan leluasa disambar Adeyemi menjadi gol pembukaan.

Setelah turun minum, Kobel kembali harus menggagalkan sepakan Diaby untuk menjaga keunggulan Dortmund. Julian Ryerson pun harus melakukan kerja keras untuk menyapu bola liar yang sebelumnya dikuasai Amine Adli demi mengamankan gawangnya.

Sebagai babak pertama, Dortmund jarang mengancam, namun saat meneror, upaya tersebut membuahkan hasil. Jude Bellingham memimpin serangan balik Dortmund, untuk kemudian bola dikuasai Marius Wolf. Wolf mengirim umpan silang dari sisi kanan, yang tidak sengaja disapu Tapsoba untuk masuk ke gawangnya sendiri.

Baca juga: Dortmund tundukkan Augsburg melalui drama tujuh gol

Pada fase akhir pertandingan, kedua tim saling bertukar peluang. Kobel perlu melakukan penyelamatan terhadap upaya Diaby dan Kerim Demirbay, namun Dortmund tetap mampu mengamankan tiga poin sampai peluit panjang berbunyi.

Pada pertandingan lain yang dimainkan lebih awal, Schalke 04 mengakhiri rentetan tiga kekalahan beruntunnya. Namun mereka hanya mampu bermain imbang tanpa gol saat menjamu Koln.

Tambahan satu poin belum mampu mengangkat Schalke dari dasar klasemen. Mereka tetap menghuni posisi ke-18 dengan koleksi sepuluh poin. Sedangkan bagi Koln, hasil imbang untuk kedua kalinya secara berturut-turut ini membuat mereka tertahan di posisi ke-12 dengan 22 poin.

Baca juga: Frankfurt naik ke peringkat kedua klasemen setelah hantam Schalke

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023