Jadi untuk perizinan-perizinan kita dipermudah dari pemerintah daerah pemerintah kota, maupun secara nasional pemerintah pusat
Jakarta (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wury Ma'ruf Amin bersama jajaran Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) menyambangi kampung sentra produksi bakpia pathuk di Yogyakarta, Selasa.

Menurut keterangan pers yang diterima di Jakarta, Ibu Negara beserta jajaran OASE KIM sengaja memilih menumpangi becak dari Pasar Beringharjo menuju kampung sentra produksi bakpia pathuk.

Setibanya di sana, Ibu Iriana, Ibu Wury, dan anggota OASE KIM langsung berjalan menyusuri gang kampung yang dipenuhi dengan para pelaku usaha bakpia.

Baca juga: Ibu Negara Iriana borong tas hingga daster di Pasar Beringharjo

Sembari berjalan, Ibu Iriana dan Ibu Wury menyapa para pelaku usaha serta melihat proses produksi yang sedang berlangsung seperti pengisian isian bakpia ke dalam kulit.

Salah satu pelaku usaha bakpia yang juga menjabat Ketua Koperasi Sumekar, Sumiyati, menjelaskan para pelaku usaha di kampung tersebut memang tergabung dalam satu kelompok koperasi yang memberikan banyak kemudahan, termasuk perizinan usaha.

"Jadi untuk perizinan-perizinan kita dipermudah dari pemerintah daerah pemerintah kota, maupun secara nasional pemerintah pusat," kata Sumiyati.

Sumiyati juga menjelaskan berkat keberadaan koperasi tersebut, para pelaku usaha bakpia pathuk setempat turut berkesempatan mendapatkan sejumlah pelatihan dari dinas terkait maupun swasta, yang bermanfaat bagi pengembangan usaha.

"Ada dari Dinas Perindustrian, Dinas UMKM, Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi, itu kita semua mendapatkan istilahnya bantuan maupun pelatihan-pelatihan yang sangat berguna sekali," katanya.

Sumiyati berharap koperasi yang dikelolanya dapat menjadi wadah untuk merekatkan kebersamaan dalam mengembangkan usaha bakpia pathuk yang dikelola bersama-sama.

Lebih lanjut, ia juga berharap kesejahteraan para pelaku usaha bakpia pathuk setempat dapat terus meningkat.

"Dengan adanya koperasi, dengan adanya usaha bersama-sama kita mengelola suatu usaha yang sama, harapannya kita ingin terus maju, berkembang, dan teman-teman dapat merasakan hasil dari kerjanya itu makin baik," ujarnya.

Kegiatan di Yogyakarta merupakan kunjungan kerja pertama Ibu Negara dan jajaran OASE KIM pada tahun 2023. Sebelumnya, Ibu Negara juga sempat mengunjungi Pasar Beringharjo memborong sejumlah tas dan daster didampingi permaisuri Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu Hemas.

Baca juga: Ibu Negara tinjau industri bakpia dalam kunjungan perdana 2023

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023