Jakarta (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri acara Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 yang digelar di Mercure Convention Center, Jakarta, Rabu.

Dalam sambutannya, Ibu Negara menyampaikan bahwa komitmen Bunda PAUD dalam Gerakan “Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan” dapat menumbuhkan pengetahuan para guru terkait pembelajaran usia dini.

"Tadi sudah Bunda PAUD menyampaikan bahwa gerakan ini juga telah menumbuhkan kesadaran guru-guru kita semuanya dan juga bahwa pembelajaran di usia dini tidak hanya ditentukan oleh baca tulis dan hitung," kata Iriana dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pada kesempatan itu Iriana berdialog dengan perwakilan Bunda PAUD terkait pengalaman melakukan peninjauan ke PAUD dan sekolah dasar (SD) di sejumlah wilayah.

Iriana pun berharap agar para Bunda PAUD di seluruh Tanah Air dapat mengerti dan memahami kondisi pendidikan usia dini di wilayahnya masing-masing.

"Saya berharap semua yang hadir di sini semua sudah paham apa yang akan disampaikan di wilayah masing-masing dari wilayah desa ke kecamatan," tuturnya.

Selain itu, dalam acara tersebut, sejumlah Bunda PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia juga turut menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, yakni penghargaan Wiyata Darma Pratama, Wiyata Darma Madya, dan Wiyata Darma Utama.

Riana Sari, Bunda PAUD Provinsi Lampung yang memperoleh penghargaan Wiyata Darma Madya menuturkan bahwa melalui acara apresiasi tersebut, para Bunda PAUD yang ada di seluruh Tanah Air untuk dapat lebih semangat untuk memberikan semangat kepada anak-anak.

“Ini adalah salah satu upaya kami, Bunda PAUD provinsi maupun kabupaten, kota untuk memberikan semangat kepada anak-anak kita, terutama anak-anak TK yang akan melanjutkan sekolahnya ke SD,” ujarnya.

Riana pun berharap agar pemerintah dapat terus memberikan perhatian lebih kepada anak-anak PAUD.

“Kita tahu anak-anak PAUD ini adalah generasi yang akan datang yang akan meneruskan kepemimpinan kita,” imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Stefanie Gabriella A.P. Gomar, Bunda PAUD Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan, mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi sebuah motivasi bagi para Bunda PAUD. Stefanie juga berharap kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan ke depannya.

“Sehingga bunda-bunda yang belum terlibat secara langsung itu juga memiliki semangat agar pendidikan PAUD ini bisa lebih maksimal lagi di setiap kabupaten,” imbuhnya.

Turut mendampingi Ibu Iriana dalam kesempatan tersebut yakni istri Wapres Wury Ma'ruf Amin, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Franka Makarim, Siti Farida Pratikno, serta sejumlah anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) lainnya.

Baca juga: Kemendikbudristek apresiasi Bunda PAUD kawal transisi bahagia ke SD

Baca juga: Kemendikbudristek gagas Gerakan Transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023