Penurunan terburuk di Asia sudah berlalu, tetapi prospeknya diselimuti oleh kelemahan di negara tujuan ekspor utama seperti Amerika Serikat dan Eropa
Tokyo (ANTARA) - Aktivitas pabrik Asia berkontraksi pada Januari karena dorongan pembukaan kembali COVID China namun belum mengimbangi tantangan dari perlambatan pertumbuhan AS dan Eropa, survei menunjukkan pada Rabu, menggarisbawahi kerapuhan pemulihan ekonomi kawasan.

Aktivitas pabrik China menyusut lebih lambat pada Januari setelah Beijing mengangkat pembatasan COVID yang ketat akhir tahun lalu, sebuah survei sektor swasta menunjukkan.

Melunaknya tekanan harga input juga menawarkan tanda-tanda positif awal untuk Asia, dengan laju kontraksi pada output yang melambat di Jepang dan Korea Selatan, survei menunjukkan.

Tetapi ada ketidakpastian tentang apakah Asia dapat mengatasi pukulan dari permintaan global yang melambat dan inflasi yang sangat tinggi, kata beberapa analis.

"Penurunan terburuk di Asia sudah berlalu, tetapi prospeknya diselimuti oleh kelemahan di negara tujuan ekspor utama seperti Amerika Serikat dan Eropa," kata Toru Nishihama, kepala ekonom di Dai-ichi Life Research Institute di Tokyo.

"Dengan pemulihan dari COVID-19 yang sedang berlangsung, ekonomi Asia membutuhkan mesin pertumbuhan baru. Sejauh ini belum ada."

Indeks Manajer Pembelian (PMI) Manufaktur Global Caixin/S&P China naik menjadi 49,2 pada Januari dari 49,0 pada bulan sebelumnya, tetap di bawah angka 50 yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi selama enam bulan berturut-turut.

Data tersebut kontras dengan survei PMI resmi yang lebih baik dari perkiraan yang dikeluarkan pada Selasa (31/1/2023). Tetapi sementara PMI resmi sebagian besar berfokus pada bisnis China besar dan milik negara, survei Caixin berpusat pada perusahaan kecil dan wilayah pesisir.

PMI au Jibun Bank Jepang berdiri di 48,9 pada Januari, tidak berubah dari bulan sebelumnya, karena produsen merasakan tekanan dari permintaan global yang lemah.

Tetapi penundaan pemasok tidak terlalu umum terjadi sejak Februari 2021, sementara inflasi harga input dan output paling lambat dalam 16 bulan, menurut survei PMI Jepang.

Aktivitas pabrik Korea Selatan mengalami kontraksi selama tujuh bulan berturut-turut pada Januari. Pembacaannya adalah 48,5, naik dari 48,2 pada Desember tetapi di bawah ambang batas 50 poin.

Sementara pesanan baru di Korea Selatan menyusut selama tujuh bulan berturut-turut di Januari, tingkat penurunannya sedikit lebih lambat dari bulan sebelumnya, survei menunjukkan.

"Prospek langsung untuk sektor manufaktur Korea Selatan tampak menantang," kata Usamah Bhatti, ekonom di S&P Global Market Intelligence.

"Meskipun demikian, perusahaan-perusahaan tetap yakin bahwa kondisi ekonomi global akan membaik dan mendorong permintaan."

Aktivitas pabrik meningkat pada Januari di Indonesia dan Filipina tetapi menyusut di Malaysia dan Taiwan, survei PMI menunjukkan.

Dana Moneter Internasional (IMF) pada Selasa (31/1/2023) sedikit menaikkan prospek pertumbuhan global 2023 karena permintaan yang "sangat tangguh" di Amerika Serikat dan Eropa dan pembukaan kembali ekonomi China setelah Beijing meninggalkan kontrol pandemi yang ketat.

Tetapi IMF mengatakan pertumbuhan global masih akan melambat menjadi 2,9 persen pada 2023 dari 3,4 persen pada 2022, dan memperingatkan bahwa dunia dapat dengan mudah memasuki resesi.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023