Denpasar (ANTARA) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat di Indonesia bekerja sama memberi pelatihan bahasa Inggris kepada sejumlah polisi di Bali.

Pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi utamanya kemampuan berbahasa Inggris polisi di Bali, kata perwakilan dari Kedubes AS Edward Wiley sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Polda Bali di Denpasar, Rabu.

"Kami ingin polisi di Polda Bali bisa lebih berkembang dan lebih kompeten, terutama di bidang Bahasa Inggris," kata dia.

Demi mewujudkan itu, sejumlah perwakilan dari Kedubes AS, yang dipimpin oleh Wiley, bersama Kepala Sekolah Bahasa Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Kombes Pol. Dhani Hernando berkunjung langsung ke Markas Polda Bali di Denpasar, Selasa (31/1), untuk berkoordinasi dan memetakan kemampuan personel di wilayah Bali.

"Kami bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat akan melaksanakan program mapping (pemetaan, red.) untuk personel Polri, khususnya Polda Bali di bidang Bahasa Inggris. Rencananya, kami akan melaksanakan (mapping) di Polresta Denpasar, Polres Gianyar, Polres Badung, Polres Tabanan, dan Polres Bangli," kata Dhani Hernando sebagaimana dikutip dari siaran tertulis yang sama.

Ia mengatakan bahwa program pemetaan itu ke polres-polres yang menjadi sasaran pelatihan.

"Kegiatan ini kami laksanakan mulai 31 Januari sampai dengan Jumat (3/2)," katanya.

Terkait dengan itu, Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Bali Brigjen Pol. I Ketut Suardana mendukung program pelatihan Bahasa Inggris tersebut.

"Kami selalu mendukung semua kegiatan yang positif untuk personel Polri. Ke depan, kami juga akan mengembangkan kompetensi personel utamanya di bidang bahasa. Nanti kami siapkan polisi-polisi muda agar lebih berkembang di bidang Bahasa Inggris,” kata Wakapolda Bali.

Ia pun juga mengucapkan terima kasih kepada Lemdiklat Polri dan Kedubes AS atas inisiatif pelatihan tersebut.

"Semoga ke depan program ini berjalan dengan baik," kata dia.

Baca juga: Kapolri sebut Lemdiklat kunci utama cetak SDM Polri unggul berkualitas
Baca juga: Panglima TNI ingatkan jaga sinergi saat beri pembekalan Sespimti Polri

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023