Kemajuan inflasi baru-baru ini telah mendorong pelaku pasar untuk memperkirakan Fed dengan cepat beralih dari kenaikan suku bunga ke penurunan suku bunga,
Singapura (ANTARA) - Dolar secara luas relatif stabil terhadap mata uang utama lainnya di sesi Asia pada perdagangan Rabu sore, menjelang keputusan kebijakan Federal Reserve yang ditunggu-tunggu, yang diharapkan investor akan menandakan akhir dari siklus kenaikan suku bunga bank sentral AS.

Setelah serangkaian kenaikan suku bunga jumbo pada 2022 untuk menjinakkan inflasi, pasar yakin akan kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin (bps) pada Rabu nanti. Namun, sorotan akan tertuju pada konferensi pers Ketua Fed Jerome Powell karena para pedagang berusaha untuk mengukur berapa lama Fed kemungkinan akan tetap hawkish.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang utama lainnya, turun tipis 0,029 persen pada 102,06. Indeks tergelincir 0,16 persen di sesi sebelumnya, sebagian karena laporan yang menunjukkan biaya tenaga kerja AS telah meningkat pada kuartal keempat pada laju paling lambat dalam setahun.

Baca juga: Dolar AS datar di awal sesi Asia jelang keputusan suku bunga Fed

Indeks telah jatuh selama empat bulan berturut-turut. Ketika para investor memperkirakan Fed mencapai akhir siklus kenaikan suku bunga, indeks jauh dari tertinggi 20 tahun di 114,78 yang disentuh pada 28 September.

"Kemajuan inflasi baru-baru ini telah mendorong pelaku pasar untuk memperkirakan Fed dengan cepat beralih dari kenaikan suku bunga ke penurunan suku bunga," kata Carol Kong, ahli strategi mata uang di Commonwealth Bank of Australia.

Karena tanda-tanda pelonggaran pasar tenaga kerja terbatas, The Fed kemungkinan akan memasangkan kenaikan suku bunga yang lebih kecil minggu ini dengan komunikasi hawkish, katanya. "Dolar AS pada gilirannya dapat menikmati reli singkat jika pasar menilai kembali ekspektasi mereka untuk perubahan arah kebijakan FOMC yang cepat."

Perhatian investor pekan ini juga akan tertuju pada jalur moneter yang ditempuh Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral Inggris yang masing-masing diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada Kamis (2/2/2023).

Baca juga: Data upah ganggu pemulihan dolar sebelum keputusan suku bunga Fed

Euro sedikit menguat 0,04 persen menjadi 1,0866 dolar, sementara sterling terakhir diperdagangkan pada 1,2314 dolar, turun 0,05 persen. Yen melemah 0,10 persen menjadi 130,25 per dolar.

Dolar Australia naik 0,18 persen menjadi 0,707 dolar AS, sedangkan kiwi turun 0,05 persen menjadi 0,644 dolar AS.

The Fed akan mengumumkan keputusan suku bunganya pada pukul 19.00 GMT, dengan dana berjangka Fed menyiratkan suku bunga acuan Fed akan memuncak pada 4,91 persen pada Juni, kemudian turun menjadi 4,48 persen pada Desember.

The Fed menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada Desember setelah empat kenaikan 75 basis poin berturut-turut. Dikatakan kemudian bahwa suku bunga mungkin perlu lebih tinggi lebih lama untuk menjinakkan inflasi.

"Ekspektasi soft landing telah meningkat sejak awal tahun, relatif terhadap taruhan resesi yang meningkat yang terlihat pada paruh kedua tahun lalu," kata ahli strategi Saxo Markets.

"Ada beberapa alasan untuk percaya bahwa Powell dan tim mungkin bertujuan untuk memperpanjang siklus kenaikan untuk membeli lebih banyak waktu guna menilai data yang masuk dan dampak dari kenaikan suku bunga agresif mereka sebelumnya."

Baca juga: Yuan China menguat 112 basis poin menjadi 6,7492 terhadap dolar AS

Di luar acara utama pertemuan Fed, investor juga akan fokus pada data manufaktur ISM dan data pembukaan pekerjaan yang akan dirilis pada Rabu waktu setempat yang akan lebih menyoroti keadaan ekonomi dan pasar tenaga kerja AS.

Data pada Selasa (31/1/2023) menunjukkan bahwa pertumbuhan harga rumah sangat melambat pada November, menambah tanda-tanda pertumbuhan pendinginan inflasi.

"Ada tanda-tanda tren disinflasi semakin mengakar di AS dan ini berpotensi mendukung kasus Fed untuk lebih mengkalibrasi langkah pengetatannya," kata Christopher Wong, ahli strategi mata uang OCBC di Singapura.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023