Jakarta (ANTARA) - Salah satu divisi perusahaan consumer technology Glance, Nostra, mencatat sebanyak 75 juta pengguna aktif bulanan di online gaming melalui Glance Lock Screen, diklaim sebagai platform mobile gaming terbesar di Asia Tenggara dan India.

Dari jumlah tersebut, 25 juta pengguna setiap bulannya merupakan pengguna live game streaming dan turnamen e-sports. Jumlah ini juga sejalan dengan rencana Nostra untuk mencatatkan 200 juta pengguna aktif bulanan secara global pada 2024.

"Gaming adalah salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat di dunia, dan di Indonesia. Glance sepenuhnya berkomitmen menjadi garda terdepan dalam sektor ini dan Nostra merupakan bagian besar dalam visi kami untuk gaming, ujar Direktur Indonesia Market Development Glance Dalip Shahri dalam pernyataan di Jakarta, Kamis.

Ia pun memperkirakan Indonesia sebagai salah satu pasar gaming terbesar di Asia Tenggara dapat menjadi penentu penting dalam pertumbuhan Nostra, dengan basis pengguna aktif yang dapat meningkat dua kali lipat selama setahun ke depan.

"Nostra melihat engagement yang fenomenal dari konsumen Indonesia, mereka tidak hanya bermain games melainkan juga menonton live streams di layar kunci Glance. Total jumlah gameplay meningkat hampir 80 persen," katanya.

Sementara itu, VP & GM Nostra Yashashvi Takallapalli menambahkan pihaknya akan tetap mempertahankan pendekatan yang mengutamakan konsumen serta mengawal game yang dapat membantu meningkatkan pemikiran kognitif dan kinerja, baik melalui online game, live streaming serta turnamen e-sports.

"Kami berencana membawa Nostra ke ranah global dan mencapai 200 juta monthly active users dalam dua tahun ke depan melalui layar kunci Glance dan beberapa kerja sama perangkat lainnya," katanya.

Di tahun 2023, Nostra berencana memperkenalkan 600 permainan baru yang mencakup 15 kategori di game instan maupun Android, menjadikan total permainan lebih dari 1.000. Untuk mewujudkan ini, Nostra akan menghadirkan game-game canggih dari pengembang dan studio game global.

Game instan di platform tersebut nantinya dapat dimainkan tanpa mengunduh, langsung di layar kunci, menjadikannya format yang pertama di industri. Di sisi lain, game Android dapat dimainkan di platform lebih dulu dan diunduh sesuai dengan keinginan pengguna.

Menurut data Nostra, top 3 game di 2022 antara lain Chess takes Queen dengan 192 juta play, Fruit Katana dengan 144 juta play, dan Wothan the Barbarian dengan 86 juta play. Rata-rata waktu permainan tersebut adalah 15 menit serta 47 persen gamer merupakan perempuan.

Nostra dalam waktu dekat juga akan memperdalam fokus di live game streaming dan e-sports dengan melipatgandakan perluasan game streaming melalui streaming harian, turnamen dan kerja sama dengan penyelenggara e-sports ternama.



Baca juga: Game Luna Online: New World mulai "beta test" pada 8 Februari 2023

Baca juga: Polisi menangkap agen dan pemain judi game online chip domino di Aceh

Baca juga: PUBG Mobile kenalkan budaya Indonesia kepada dunia lewat map Nusa

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023