Kendalanya berbohong sama diri sendiri sih.
Jakarta (ANTARA) -
Penyanyi sekaligus penulis lagu Ardhito Pramono mengatakan berbohong pada diri sendiri menjadi salah satu kendala yang dia hadapi selama berkiprah di dunia musik.
 
"Kendalanya berbohong sama diri sendiri sih. Di gua, kalau kita punya sesuatu, kita suka dulu baru apresiator akan suka sama apa yang kita suka," ujar Ardhito, di Jakarta, Kamis.
 
Pelantun "Sudah" itu kemudian ditanya mengenai tren musik saat ini, dan mengatakan masih dipengaruhi musik era tahun 1980-an.
 
"Sisi originalitas itu mungkin mentok di tahun 90-an. Banyak musisi angkatan gua dan lebih baru mungkin bawa-bawa lagi tren tahun 2000-an, 80-an yang sangat berpengaruh banget untuk tren di masa sekarang," kata dia.
 
Berbicara genre musik yang dia tekuni saat ini, Ardhito menuturkan kesuksesan penyanyi Danilla menjadi salah satu motivasinya.
 
"Saat itu Danilla baru keluar dengan albumnya, keren ada balladnya. Dia orang pertama yang bisa tembus genre jazz dan bisa diterima sama khalayak. Oke gua akan berani maju karena Danilla bisa," ujar dia.
 
Ardhito mengatakan sebelum terjun ke genre jazz, dia sebenarnya dulu sempat memproduksi musik hiphop dan RnB.
 
"Gua sebenarnya dulu produksi musik hiphop. Suka dengerin artis-artis RnB dan hiphop," demikian Ardhito.
Baca juga: Masa lalu Ardhito Pramono dalam lagu "Daun Surgawi"
Baca juga: Alasan Ardhito Pramono gunakan bahasa Indonesia di album terbaru

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023