Sydney (ANTARA) - Saham-saham Asia berbalik lebih rendah pada awal perdagangan Jumat pagi, dan dolar mendapatkan kembali beberapa pijakannya karena laba yang mengecewakan dari raksasa teknologi AS merusak sentimen menjelang laporan utama penggajian non-pertanian AS.

Semalam, pasar merasakan akhir dari siklus pengetatan global besar-besaran, setelah pembuat kebijakan di Inggris dan Eropa mengisyaratkan niat mereka untuk berhenti, mengirim reli obligasi lokal dan mata uang lebih rendah.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang turun 0,5 persen pada Jumat pagi, terseret oleh penurunan 0,9 persen pada saham-saham unggulan China dan penurunan 1,2 persen pada indeks Hang Seng Hong Kong.

Sebaliknya, indeks Nikkei Jepang menguat 0,6 persen pada awal perdagangan.

Kekecewaan atas hasil laba dari Google, Apple dan Amazon melunakkan sentimen. Indeks S&P 500 berjangka turun 0,5 persen dan Nasdaq berjangka turun 1,4 persen pada Jumat pagi.

Saham-saham teknologi terpukul dalam perdagangan setelah jam kerja Kamis (2/2/2023), dengan saham Apple, Amazon, dan induk Google Alphabet semuanya jatuh.

Itu menghilangkan sesi perdagangan reguler yang kuat pada Kamis (2/2/2023), ketika S&P naik 1,5 persen dan Nasdaq melonjak 3,3 persen. Kenaikan dibangun di atas kenaikan yang kuat dari hari sebelumnya setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan proses disinflasi sedang berlangsung dalam perekonomian, meningkatkan harapan jeda pengetatan moneter akan segera terjadi.

Apple memproyeksikan penurunan pendapatan lainnya di awal tahun, Amazon memperingatkan bahwa laba operasinya bisa turun menjadi nol pada kuartal saat ini, dan induk Google Alphabet gagal memenuhi ekspektasi dalam laba dan pendapatan kuartal keempatnya.

Pada Kamis (2/2/2023), Bank Sentral Eropa (ECB) dan Bank Sentral England (BoE) menaikkan suku bunga masing-masing sebesar 50 basis poin, dengan BoE mengatakan gelombang berbalik melawan inflasi dan ECB menunjukkan setidaknya satu kenaikan lagi sebelum mengevaluasi ulang jalur kenaikan suku bunganya.

Pasar bereaksi dengan mendorong imbal hasil obligasi Eropa turun tajam, dengan bund Jerman sepuluh tahun jatuh 22,6 basis poin menjadi 2,065 persen, penurunan terbesar sejak 2011, dan obligasi Italia jatuh 40 basis poin menjadi 3,887 persen, terbesar sejak 2020, di tengah harapan pengetatan dari ECB akan segera berakhir.

"Hasilnya adalah pertemuan BoE dovish, dan ECB sekarang sangat berpikiran terbuka dan bergantung pada data, dan Fed memilih untuk tidak melawan pasar dan pasar merasa divalidasi oleh itu," kata Chris Weston, kepala penelitian di Pepperstone.

Alan Ruskin, ahli strategi makro di Deutsche Bank mengatakan mengingat aksi harga pasar saat ini menjelang data gaji AS, laporan yang lebih lembut akan dianggap mendukung semua perdagangan favorit tahun ini.

"Setidaknya itu akan memberikan bukti paling penting hingga saat ini untuk menunjukkan bahwa perkiraan pasar atas suku bunga lebih tepat daripada sinyal Fed yang lebih hawkish," kata Ruskin.

Para analis memperkirakan 185.000 pekerjaan ditambahkan bulan lalu, terendah sejak Januari 2021, pengangguran naik tipis menjadi 3,6 persen, dan inflasi upah per jam tetap datar di 0,3 persen, menunjukkan pasar tenaga kerja yang kuat mungkin mulai mereda.

Pasar berjangka masih mendukung kenaikan 25 basis poin lainnya dari Fed pada pertemuan kebijakan Maret, sementara menyiratkan bahwa itu mungkin merupakan akhir dari siklus pengetatan saat ini. Mereka juga memperkirakan satu pemotongan suku bunga pada akhir tahun ini.

Di pasar mata uang, euro memperpanjang penurunan menjadi 1,0891 dolar, menjauh dari puncak sepuluh bulan di 1,1033 dolar yang disentuh pada Kamis (2/2/2023).

Sterling jatuh ke 1,2206 dolar pada Jumat pagi, terendah dalam lebih dari dua minggu, setelah jatuh 1,2 persen pada sesi sebelumnya.

Itu membantu dolar AS untuk menutup sebagian besar kerugian pasca-Fed, dengan indeks dolar sekarang berdiri di 101,81, jauh dari level terendah sembilan bulan di 100,80.

Baca juga: Wall Street berakhir beragam, Nasdaq dan S&P 500 catat kenaikan kuat
Baca juga: IHSG diperkirakan sideways seiring sentimen domestik dan global
Baca juga: Harga emas tergelincir 12 dolar tertekan "greenback" yang lebih kuat


Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023