Kami terus melakukan kolaborasi dengan para pihak yang sejalan dengan kami dalam mendukung UMKM sehingga kerja sama dengan UNU Yogyakarta adalah bukti keseriusan kami memberdayakan semakin banyak potensi pelaku usaha
Jakarta (ANTARA) - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) bekerja sama dengan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta untuk melaksanakan program pengembangan talenta digital, pelatihan bisnis berbasis teknologi digital, edukasi sertifikasi halal, dan pengembangan ekonomi syariah.

Chief of Government Relations and Public Policy Grup GoTo Shinto Nugroho menyampaikan bahwa GoTo akan terus mengembangkan talenta digital nasional, terutama pelaku usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang merupakan bagian penting ekosistem GoTo dan pilar pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kami terus melakukan kolaborasi dengan para pihak yang sejalan dengan kami dalam mendukung UMKM sehingga kerja sama dengan UNU Yogyakarta adalah bukti keseriusan kami memberdayakan semakin banyak potensi pelaku usaha,” kata Shinta dalam penandatanganan kerja sama GoTo dengan Universitas NU di Kantor GoTo, Jakarta, Jumat.

Ia menyebut melalui jejaring Universitas NU Yogyakarta serta Pengurus Besar NU (PBNU) dan kekuatannya dalam ekonomi syariah, ia mempercayai UMKM Indonesia dapat berkembang dan berkontribusi bagi perekonomian nasional.

Laporan The State of Global Islamic Economy Report 2022 menunjukkan bahwa indikator ekonomi syariah Indonesia terus membaik, dimana Indonesia menduduki peringkat ke-4 dunia untuk kategori ekosistem ekonomi syariah.

Indonesia juga merupakan salah satu negara konsumen produk halal terbesar di dunia, yang mengkonsumsi 11,34 persen dari total konsumsi masyarakat global terhadap produk halal.

Rektor Universitas NU Yogyakarta Widya Priyahita Pudjibudojo menyebut bahwa kolaborasi dengan berbagai pihak perlu terus digencarkan untuk mendorong pertumbuhan industri halal dalam negeri, termasuk dengan mengembangkan talenta digital di dalamnya.

Ia mengatakan akan bekerja sama membuat konten edukasi inovatif dengan GoTo yang diharapkan bisa membidik setidaknya 10 persen dari total mahasiswa kampus yang terafiliasi dengan NU di seluruh Indonesia, atau sebanyak 80 ribu siswa.

“Kekuatan Grup GoTo dengan belasan juta mitra UMKM yang memiliki sinergi kuat antar platformnya membuat kami yakin jika kolaborasi ini dapat menjadi awal yang baik bagi pengembangan kewirausahaan muda di masa depan, terutama dalam lingkup ekonomi syariah di Indonesia,” ucapnya.

Baca juga: Penjelasan GoTo soal saham turun di tengah kinerja positif e-commerce
Baca juga: Berkat GoTo, William Christiansen berhasil kenalkan kopi Indonesia di panggung dunia
Baca juga: TransJakarta gandeng Universitas NU rancang musala halte

 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023