Memasuki bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri ketersediaan pangan atau bahan pokok kita aman.
Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah melalui Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) setempat memastikan ketersediaan pangan di kota ini aman hingga bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya Samsul Rizal, di Palangka Raya, Senin, membenarkan terkait ketersediaan pangan di daerahnya aman sampai bulan suci Ramadhan.

"Memasuki bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri ketersediaan pangan atau bahan pokok kita aman. Selain itu ketersediaan gas elpiji subsidi dan nonsubsidi juga aman dan tidak ada kekurangan," kata Samsul Rizal.

Untuk mengantisipasi terkait ketersediaan bahan pangan di pasaran, DPKUKMP Kota Palangka Raya juga rutin melakukan sidak ke pasar tradisional yang ada di daerah setempat.

Sidak tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya oknum yang ingin memainkan sejumlah komoditas pangan, sehingga mempengaruhi harga jual komoditas lain.

"Tim kami juga rutin melakukan koordinasi dengan sejumlah distributor yang berada di Kota Palangka Raya, koordinasi itu untuk memudahkan tim mengetahui bagaimana ketersediaan pangan di Palangka Raya," ujarnya pula.

Samsul Rizal menegaskan, apabila terjadi kelangkaan bahan pangan tentunya pihaknya segera mengantisipasi dengan berbagai hal seperti menggelar pasar murah agar tidak terjadi inflasi yang tinggi.

Hanya saja sampai saat ini harga sembilan bahan pokok di pasar yang ada di ibu kota provinsi setempat, masih relatif stabil dan tidak terjadi kenaikan yang signifikan.

"Harapan kami sih semoga ketersediaan pangan kita selain aman, harga pangan juga tidak mengalami kenaikan, meskipun kebiasaannya mendekati hari-hari keagamaan cenderung mengalami kenaikan," katanya lagi.

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengingatkan kepada dinas terkait untuk mengurangi tingkat inflasi, maka pihaknya harus selalu memonitor ketersediaan pangan di daerah setempat meskipun hal tersebut sudah berjalan dengan baik.
Baca juga: Pasar Mitra Tani bantu masyarakat dapat minyak goreng murah
Baca juga: Wali Kota Palangka Raya pantau harga bahan pangan di pasar

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023