Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meraih predikat sangat baik dengan indeks 3,86 dari angka maksimal 4 berdasarkan hasil pemantauan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada instansi pusat dan pemerintah daerah 2022.

Hal tersebut meningkat dari level indeks yang berhasil didapat oleh Kemendikbudristek tahun lalu yakni sebesar 3,33 dengan kategori baik.

“Saya mengapresiasi atas upaya bersama seluruh jajaran di Kemendikbudristek untuk menghadirkan layanan yang berkualitas, efisien, efektif dan akuntabel bagi masyarakat,” kata Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti di Jakarta, Senin.

Pencapaian ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 2023 tentang Hasil Pemantauan dan Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2022.

Baca juga: Presiden instruksikan kebut penerapan SPBE untuk tekan korupsi

Baca juga: Menpan RB mendukung Kalimantan Tengah dalam pengoptimalan SPBE


Suharti pun menyampaikan apresiasi kepada jajaran Kemendikbudristek atas capaian tersebut dan berbagai upaya yang dilakukan untuk memberikan layanan berkualitas berbasis elektronik.

Menurutnya, capaian tahun ini menunjukkan kualitas transformasi digital Kemendikbudristek dalam upaya peningkatan efektivitas, efisiensi dan kualitas pelaksanaan layanan pemerintahan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Ia memastikan Kemendikbudristek terus berkomitmen dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel.

Selain itu, implementasi pelayanan publik yang berkualitas dan akuntabel terus ditingkatkan melalui penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“Semoga prestasi ini bisa menjadi pemicu untuk kita berkarya lebih hebat lagi di masa yang akan datang,” katanya.*

Baca juga: Menpan RB: Lintas K/L sepakati langkah konkret percepat SPBE

Baca juga: Menteri PAN-RB akselerasi penanganan stunting melalui skema digital

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023