Sidoarjo (ANTARA) -
Sejumlah peserta peringatan seabad Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo Jawa Timur nekad naik pagar setinggi dua meter untuk masuk ke dalam komplek stadion.
 
Para peserta yang didominasi kaum laki-laki tersebut naik menggunakan dahan pohon mangga yang ada di luar komplek Stadion Gelora Delta Sidoarjo.
 
"Ayo naik, hati-hati. Awas kakinya," kata Andi salah satu peserta yang membantu rekannya naik menggunakan dahan pohon mangga.
 
Peserta nekad naik ke dalam stadion lantaran ruas jalan utama, untuk akses masuk sudah penuh dengan lautan manusia.

Baca juga: Warga nahdliyin padati jalan depan Gelora Delta Sidoarjo

Baca juga: Presiden Jokowi-Iriana tiba di Sidoarjo untuk hadiri Satu Abad NU

 
Peserta yang berada di luar stadion menggelar tikar dan duduk di sepanjang jalan di sekitar Gelora Delta Sidoarjo yakni di Jalan Pahlawan sepanjang 1,5 kilometer dan juga di Jalan Raya Ponti sepanjang 1 kilometer.
 
Peserta juga banyak yang tidak masuk ke dalam stadion karena keterbatasan kapasitas dan memilih untuk melihat jalannya kegiatan melalui layar besar yang di pasang di beberapa titik tertentu.
 
Imbas dari banyaknya massa yang datang menimbulkan kemacetan di sejumlah ruas jalan di Sidoarjo di antara Jalan Gajah Mada, Jalan KH Mukmin, Jalan Diponegoro, Jalan Thamrin.
 
Hal itu karena sebagian ruas jalan digunakan untuk parkir kendaraan peserta seperti bus dan juga kendaraan pribadi lainnya.
 
Dalam puncak resepsi seabad NU dihadiri oleh sejumlah menteri kabinet seperti Luhut Panjaitan, Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, Ida Fauziyah. Hadir dalam kesempatan itu, Kapolri dan juga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama dengan wakil Gubernur Jawa Timur Email Dardak.

Baca juga: Khofifiah instruksikan deteksi dini kerawanan saat seabad NU

Baca juga: GKI Sidoarjo sedia tempat istirahat bagi peserta peringatan seabad NU

 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023