Jika kita memiliki pertumbuhan yang lebih kuat dari yang diharapkan dari negara-negara berkembang, harga (minyak) akan lebih kuat dan OPEC harus meningkatkan produksi. Itu bukan pandangan inti kami. Kami tidak melihat lonjakan permintaan yang besar
Melbourne (ANTARA) - Harga minyak naik di awal perdagangan Asia pada Rabu pagi, memperpanjang kenaikan dari dua hari sebelumnya, karena dolar jatuh setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell terdengar kurang hawkish tentang suku bunga daripada yang diperkirakan pasar dan stok minyak mentah AS secara mengejutkan turun.

Minyak mentah berjangka Brent naik tipis 11 sen atau 0,1 persen, menjadi diperdagangkan di 83,80 dolar AS per barel pada pukul 01.19 GMT, menambah kenaikan 3,3 persen di sesi sebelumnya.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS terangkat 13 sen atau 0,2 persen, menjadi diperdagangkan di 77,27 dolar AS per barel, setelah melonjak 4,1 persen di sesi sebelumnya.

Indeks dolar turun sedikit di 103,29 pada awal perdagangan, memperpanjang kerugian setelah komentar Powell pada Selasa (7/2), membuat minyak lebih murah bagi mereka yang memegang mata uang lainnya.

Dengan kenaikan suku bunga yang tidak terlalu agresif di Amerika Serikat, pasar berharap ekonomi terbesar dunia dan konsumen minyak itu dapat menghindari penurunan yang lebih tajam dalam kegiatan ekonomi atau bahkan resesi dan menghindari kemerosotan permintaan minyak.

"Saya pikir kita berada di pasar yang cukup seimbang," kata ekonom senior Westpac, Justin Smirk.

"Jika kita memiliki pertumbuhan yang lebih kuat dari yang diharapkan dari negara-negara berkembang, harga (minyak) akan lebih kuat dan OPEC harus meningkatkan produksi. Itu bukan pandangan inti kami. Kami tidak melihat lonjakan permintaan yang besar," katanya. .

Mendukung pasar, data persediaan mingguan dari kelompok industri American Petroleum Institute (API) menunjukkan stok minyak mentah turun sekitar 2,2 juta barel dalam pekan yang berakhir 3 Februari, menurut sumber pasar.

Itu menentang ekspektasi dari sembilan analis yang disurvei oleh Reuters, yang memperkirakan stok minyak mentah meningkat sebesar 2,5 juta barel.

Namun, persediaan bensin dan sulingan naik lebih besar dari yang diperkirakan, dengan stok bensin naik sekitar 5,3 juta barel dan stok sulingan, yang meliputi solar dan minyak pemanas, naik sekitar 1,1 juta barel.

Pasar akan melihat apakah data dari Badan Informasi Energi AS, yang akan dirilis pada pukul 15.30 GMT, mengkonfirmasi penurunan stok minyak mentah.

Baca juga: Minyak melonjak karena Powell redakan kekhawatiran kenaikan suku bunga

Baca juga: Minyak naik karena prospek China, khawatir pasokan setelah gempa Turki

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023