Yang bisa menggerakkan perekonomian, selaras dengan program mas Wali. 16 titik prioritas yang sudah dikerjakan itu kami sinergikan bersama, supaya jadi simbol baru untuk menggerakkan ekonomi
Solo (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mendukung Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyukseskan pembangunan 16 titik prioritas yang dicanangkan oleh pemerintah daerah.

"Ini kami audiensi ke mas Wali, yang jelas program yang ada di Kadin kalau bisa konek dengan pak Wali," kata Ketua Kadin Kota Surakarta Ferry Sephta Indrianto usai bertemu dengan Gibran di Balai Kota Surakarta, Rabu.

Ia mengatakan Kadin sebagai salah satu pelaku ekonomi di Kota Solo harus mampu menciptakan sesuatu yang baru.

"Yang bisa menggerakkan perekonomian, selaras dengan program mas Wali. 16 titik prioritas yang sudah dikerjakan itu kami sinergikan bersama, supaya jadi simbol baru untuk menggerakkan ekonomi," katanya.

Ia mengatakan misi tersebut akan dibicarakan dalam Rapat Kerja Kadin supaya programnya tertuang sehingga bisa segera dipublikasikan secara resmi.

Ia mengatakan materi lain yang juga akan dibahas dalam raker adalah terkait e-katalog.

"Itu salah satu materi raker, kami juga bisa mengawal teman-teman untuk menambah etalase, sekarang kan baru beberapa," katanya.

Ia mengatakan saat ini jumlah etalase atau produk yang ditawarkan melalui e-katalog baru beberapa sehingga perlu ditambah.

"Sekarang baru beberapa, supaya banyak usaha etalase di Solo menjadi perwakilan, karena seharusnya banyak. Ini masih sedikit, nanti kami tambahkan," katanya.

Terkait dengan e-katalog tersebut, menurut dia, syarat yang perlu dipenuhi tidak banyak, cukup nomor induk berusaha (NIB).

"Yang penting teman-teman konsisten, terus nanti kami akan buat rumah kurasi bareng dengan Bank Indonesia. Sementara kan kami copy paste dari Kediri, itu yang paling dekat dan paling komplit," katanya.

Sedangkan untuk meningkatkan kualitas produksi UMKM, dikatakannya, rencananya akan ada pembuatan mesin untuk pengemasan di Solo Technopark.

"Itu salah satu output dari kurasi, salah satunya untuk meningkatkan UMKM, tujuannya agar konsisten, punya standar, kapasitas bagus," katanya.

Baca juga: Kadin: Kolaborasi jadi kunci pemulihan ekonomi nasional

Baca juga: Pembeli Amerika Serikat inginkan mebel asal Solo

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023