Pontianak (ANTARA) - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengajak semua pihak di Provinsi Kalbar untuk terus mendukung dan memajukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar semakin berkontribusi untuk negara.

"Kita terus mendukung dan termasuk memperkuat UMKM Kalbar untuk tumbuh melalui digitalisasi dan globalisasi menuju Indonesia maju," ujarnya saat kegiatan Sinergi Pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu Kalbar di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa dari sisi Kemenkeu melalui lembaga di bawahnya sejauh ini terus hadir di antaranya kemudahan akses modal dengan bunga rendah melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan pembiayaan UMi (Ultra Mikro). Kemudian membantu pengetahuan dan kemudahan ekspor serta lainnya.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang saat ini terus mendukung tugas kami. Kami harapkan juga semakin mengenal kekuatan dan tantangan ekonominya serta produk apa yang dikembangkan," jelas dia.

Sementara itu, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) yang juga sekaligus Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Kalbar, Kukuh Sumardono Basuki mengatakan saat ini sudah ada 50 UMKM yang sudah dibina.

"UMKM tersebut mulai rintisan maupun yang siap ekspor. Produk UMKM binaan kami di antaranya makanan dan minuman, kerajinan dan produk khas Kalbar," jelas dia.

Terkait kegiatan Sinergi Pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu Kalbar menjadi bagian kegiatan BPDPKS sebagai BLU di bawah Kemenkeu sebagai upaya mendorong penguatan UMKM dan mensosialisasikan kebijakan Kementerian Keuangan khususnya di Wilayah Kalbar. Rangkaian pembukaan acara ini diadakan di Kanwil Ditjen Perbendaharaan dan dihadiri oleh Gubernur Kalbar dan bupati di Kalbar.

Rangkaian kegiatan meliputi Seremoni Pembukaan, berbagai talkshow Sinergi Kemenkeu Satu dalam Pemberdayaan UMKM Kalimantan Barat, meliputi: Talkshow Segera Lakukan Pemadanan NIK - NPWP (DJP Kalimantan Barat), Lokakarya dan Temu Bisnis UMKM (DJBC Kalimantan Bagian Barat), Talkshow: Pemberdayaan UMKM dalam Implementasi KKP Domestik (DJPb Provinsi Kalimantan Barat), Talkshow Lelang dan Amal (DJKN Kalimantan barat), serta Talkshow UMKM Go Digital (BPDPKS).

Dalam kegiatan ini ditampilkan stan UMKM binaan Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan Wilayah Kalbar dan BPDPKS, antara lain Booth DJPB, DJKN, DJBC, DJP, Asosiasi Kelapa Sawit, serta Booth Kemenkeu Satu.

Baca juga: Wamenkeu: UMKM dipacu naik kelas lewat Program Kemenkeu Satu
Baca juga: Kemenkeu raih peringkat satu untuk keterbukaan informasi publik
Baca juga: Kemenkeu: Satu Data Indonesia efektifkan program negara

 

Pewarta: Dedi
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023