Kalau sekarang dilihat dari angka dokter spesialis yang ada, tentunya itu belum optimal atau masih kurang,
Serang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang  mengajukan penambahan dokter spesialis ke Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memenuhi kebutuhan dokter spesialis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Drajat Prawiranegara.

"Kalau sekarang dilihat dari angka dokter spesialis yang ada, tentunya itu belum optimal atau masih kurang," kata Staf Ahli Bupati Serang Bidang SDM dan Kesra dr. H Rahmat Fitriadi saat mendampingi Wakil Bupati Pandji Tirtayasa di Serang, Provinsi Banten, Jumat.

Ia menjelaskan, Pemkab Serang berupaya mengajukan dokter spesialis ke BPPSDM Kemenkes atau perguruan tinggi karena tidak seimbang antara tenaga medis dengan pasien. 

Menurut dia, seperti saat ini dokter spesialis kulit hanya ada satu dan perlu adanya penambahan satu dokter lagi. Dokter Rehabilitasi Medik juga dalam waktu dekat akan pensiun, sehingga perlu adanya penambahan atau pergantian.

Selain itu, dokter spesialis kanker onkologi saat ini hanya ada satu dan perlu penambahan satu orang dokter.

Selanjutnya, dokter spesialis saraf hanya ada dua orang, sehingga perlu adanya tambahan satu orang untuk memaksimalkan pelayanan rumah sakit tersebut.

"Untuk memenuhi kebutuhan pelayanan rumah sakit yang optimal kepada pasien atau masyarakat, tentunya kita perlu adanya penambahan pada dokter spesialis," kata Rahmat.

Rahmat juga mengatakan, upaya memenuhi kebutuhan dan mengoptimalkan pelayanan terhadap pasien, Pemkab Serang mengupayakan untuk melakukan kerjasama antar rumah sakit.

"Harapan kita semoga Kemenkes memberikan fasilitas dan bisa memenuhi kebutuhan dokter spesialis yang ada di Kabupaten Serang," kata Rahmat.

Baca juga: Akademisi: Atasi kekurangan dokter spesialis lewat fasilitasi PTS
Baca juga: RSUD Kabupaten Serang masih kekurangan dokter spesialis

Pewarta: Mulyana
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023