Frankfurt (ANTARA) - Institut der Deutschen Wirtschaft (IW) atau Institut Ekonomi Jerman, Kamis (9/2), merilis laporan tentang bahwa tingkat ketergantungan ekonomi negara itu pada China meningkat. 

Pada 2022, menurut IW, defisit perdagangan Jerman dengan China naik menjadi lebih dari 84 miliar euro atau dua kali lipat dibandingkan volume perdagangan pada 2021.

Pemicu pertumbuhan "luar biasa" tersebut adalah impor barang dari China, yang meningkat lebih dari 33 persen secara tahunan (yoy) pada 2022.

Sebagai pembanding, tingkat pertumbuhan impor dari China 9 persen lebih tinggi daripada tingkat pertumbuhan impor secara keseluruhan dari gabungan semua negara.

"Peningkatan yang kuat tahun lalu ini kemungkinan merupakan pertanda bahwa perkembangan itu tidak hanya berkaitan dengan virus corona, tetapi berlangsung lebih lama," kata Juergen Matthes, kepala unit penelitian untuk ekonomi internasional dan prospek ekonomi di IW.

Sementara itu, ekspor Jerman ke China meningkat 3 persen, sedangkan ekspor Jerman ke negara-negara lain di dunia secara keseluruhan naik 14 persen. Akibatnya, China turun dari peringkat kedua ke peringkat keempat dalam daftar negara tujuan ekspor terpenting bagi Jerman, menurut IW.

"Ekonomi China terlalu besar untuk sepenuhnya memisahkan diri darinya. Tidak ada yang menginginkan hal itu terjadi dan itu tidak masuk akal," ujar Matthes.
 
Dokumentasi - Pengunjung mengunjungi stan pameran Jerman selama China International Fair for Trade in Services (CIFTIS) 2021 di Beijing, China, 5 September 2021. (ANTARA/Xinhua/Wang Tiancong)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023