yang ingin mendapatkan layanan ini harus menyertakan foto produk asli daerah dan mengirimkan produknya langsung ke kami
Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, siap mempromosikan produk makanan maupun kerajinan usaha mikro kecil dan menengah asli daerah itu melalui foto di  "platform" media sosial seperti Instagram secara gratis.

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Batang Subiyanto di Batang, Jumat, mengatakan bahwa promosi produk usaha mikro kecil dan menengah melalui foto secara daring ini bertujuan untuk meningkatkan minat pasar.

"Bagi para pelaku usaha yang ingin mendapatkan layanan ini harus menyertakan foto produk asli daerah dan mengirimkan produknya langsung ke kami. Pelaku usaha tidak perlu khawatir dikenai biaya karena layanan diberikan secara gratis," katanya.

Menurut dia, pemkab akan mendukung para pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam upaya mengembangkan usahanya melalui pemasaran secara konvensional maupun digital.

"Hanya saja dengan bergesernya promosi produk dari konvensional ke digital ini maka jangkauannya akan lebih luas untuk menarik minat konsumen," katanya.

Baca juga: Pemkab Batang siapkan 2 ribu ton untuk OP

Baca juga: Pemkab Batang Jateng menargetkan PAD 2023 capai Rp300 miliar


Ia yang didampingi staf Bidang Perindustrian Hanif Slamet Arifin mengatakan layanan tersebut merupakan sebuah inovasi dari Klinik Bisnis Disperindagkop setempat untuk melayani pembuatan konten promosi daring.

"Produk mereka akan dipromosikan lewat berbagai platform media sosial seperti Instagram baik milik Disperindag maupun media daring lainnya. Kami menargetkan 400 produk asli daerah yang bisa ikut dalam layanan ini pada 2023," katanya.

Menurut dia, selama 2022, ada 200 produk UMKM seperti makanan, minuman hingga busana telah dipromosikan lewat layanan foto produk Disperindagkop secara daring.

"Hasilnya cukup membantu mengenalkan produk mereka ke pasar secara daring dan peningkatan keuntungannya bisa mencapai lebih dari 50 persen dibanding promosi secara konvensional," katanya.

Baca juga: PLTU Batang raih Zero Accident Award 2023

Baca juga: Pemkab Batang sebut penyakit kulit berbenjol pada ternak sudah mewabah

Baca juga: Pemkot Pekalongan pastikan stok minyak goreng aman dan cukup


 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023