Generasi muda ini mempunyai peran yang sangat penting bagi BUMN. Lihat saja sekarang, Pak Erick sudah memberikan peluang kepada milenial untuk menduduki jabatan strategis di BUMN
Badung (ANTARA) - Staf Khusus (Stafsus) Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir memberikan kesempatan yang luas bagi generasi muda untuk berkarir di BUMN.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya program Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) dan program Magang Generasi Bertalenta BUMN (Magenta).

"Generasi muda ini mempunyai peran yang sangat penting bagi BUMN. Lihat saja sekarang, Pak Erick sudah memberikan peluang kepada milenial untuk menduduki jabatan strategis di BUMN," ujar Arya Sinulingga saat kegiatan BUMN Goes To Campus di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja dalam keterangan resmi yang diterima di Kabupaten Badung, Jumat.

Ia mengatakan Program RBB dan Magenta juga merupakan salah satu peluang bagi generasi muda untuk dapat berkontribusi di BUMN. Menurutnya, kunci keberhasilan adalah soft skill harus diasah, seperti memperluas networking, memperbanyak pengalaman, dan melakukan manajemen waktu.

"Kalian bisa asah soft skill kalian melalui program Magenta BUMN ini misalnya," kata dia.

Baca juga: 3.291 mahasiswa jalani magang di BUMN

Arya Sinulingga menjelaskan jabatan puncak di perusahaan-perusahaan BUMN dipegang kaum muda sebanyak lima persen.

"Kementerian BUMN menargetkan pada tahun 2023 jumlah pemimpin muda bertambah menjadi 10 persen. Demikian juga dengan pemimpin perempuan diharapkan tumbuh menjadi 25 persen," ujar dia.

Dalam kegiatan ini hadir pula Vice President of Business Development MDI Ventures Alvin Evander. Menurutnya, selain soft skill, generasi muda perlu memiliki rasa percaya terhadap kemampuan diri sendiri.

"Selain itu integritas dalam bekerja juga merupakan hal yang penting untuk dapat meraih kesuksesan," tambah dia.

General Manager Angkasa Pura (AP) I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Handy Heryudhitiawan menambahkan agar bisa meraih kesuksesan generasi muda harus mau berusaha.

"Kompetisi semakin ketat, setiap individu harus siap bersaing. Yang tidak dapat bersaing maka akan kalah," ujar Handy.

Baca juga: Erick Thohir bagi tips buat millenial yang memulai karier atau bisnis


Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023