Simpang Empat,- (ANTARA) -
Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat membagikan 100 helm gratis kepada masyarakat Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas dalam rangka menjaga keselamatan pengendara di daerah tersebut.
 
"Pembagian helm gratis ini dalam rangka Operasi Keselamatan Singgalang 2023," kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agunh Basuki di Simpang Empat, Sabtu.
 
Ia mengatakan pembagian helm itu dilakukan di Ruang Terbuka Hijau, Jorong Kampung Padang Selatan, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas.
 
Menurutnya kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan pembagian 1.000 helm untuk keselamatan masyarakat Pasaman Barat.
 
"Pembagian helm ini akan terus dilakukan hingga 20 Februari nanti mengingat pengendara roda dua masih banyak yang tidak pakai helm," katanya.
 
Selain untuk keselamatan masyarakat yang menggunakan sepeda motor di jalan raya juga untuk menerapkan budaya tertib berlalulintas.
 
Ia menyebutkan kegiatan pembagian helm gratis itu dilaksanakan dalam dua hari sekali dengan sasaran di delapan titik wilayah yang menurut hasil evaluasi dan pantauan petugas di lapangan rawan terjadinya fatalitas kecelakaan.
 
"Kegiatan pembagian 1.000 helm ini akan berlanjut ke enam titik wilayah berikutnya yaitu, Koto Balingka, Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang, Pos Paroman Kecamatan Gunung Tuleh, Jambak, Simpang Tiga Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo dan Kecamatan Kinali sampai berakhirnya Operasi Singgalang 2023," katanya.
 
Ia menjelaskan selain peduli keselamatan kegiatan ini memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas.
 
Pengendara dan penumpang wajib memakai helm saat menggunakan sepeda motor untuk melindungi kepala dari benturan jika terjadi insiden di jalan raya.
 
Ia berharap dengan adanya pembagian helm secara gratis ini, semoga kedepannya masyarakat bisa menyadari akan pentingnya keselamatan dan mematuhi aturan lalu lintas saat berkendara.
 
"Saya berharap seluruh lapisan masyarakat Pasaman Barat untuk bisa menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu Lintas," harapnya.

Di Pasaman Barat angka kecelakaan lalu-lintas di Pasaman Barat termasuk yang tertinggi di Sumbar.
 
Sebanyak 393 kasus kecelakaan lalu-lintas terjadi di daerah itu selama 2022 dengan 56 orang meninggal dunia, 105 orang luka berat dan luka ringan 442 orang.
 
Ia mengatakan untuk kerugian materiil mencapai Rp1 miliar baik untuk roda enam, roda empat dan roda dua.
 
Kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan itu untuk roda enam sebanyak 77 kendaraan, roda empat 69 kendaraan dan roda dua 511 kendaraan
 
Usia terlibat 0-9 tahun sebanyak 31 orang, usia 10-15 tahun sebanyak 90, usia 16-30 tahun sebanyak 230 orang, usia 31-40 tahun sebanyak 66 orang dan usia 41 ke atas sebanyak 179 orang.
 
Sedangkan pada periode Januari sampai 8 Februari 2023 angka kecelakaan telah mencapai 51 kasus.

 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023