Simpang Empat,- (ANTARA) -
Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat, membagikan helm gratis kepada pengendara sepeda motor dalam Operasi Keselamatan Singgalang 2024 untuk mengedukasi masyarakat bisa lebih tertib berlalu lintas, Kamis.
 
"Ada sekitar 400 helm kita bagikan ke pengendara di Bundaran Simpang Empat, Jorong Simpang Empat, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman," kata Kepala Polres Pasaman Barat, AKBP Agung Tribawanto, di Simpang Empat, Kamis.

Baca juga: Tak menggunakan helm pelanggar terbanyak Operasi Keselamatan
 
Menurut dia, kegiatan itu digelar untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas serta mengedukasi masyarakat untuk lebih tertib lagi dalam berlalu lintas di jalan raya.
 
"Ke depan diharapkan seluruh masyarakat pengguna jalan khususnya di Pasaman Barat sadar akan pentingnya keselamatan dalam berkendara dijalan raya sehingga bisa meminimalisir kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Baca juga: Polda Babel bagikan helm ke pengendara sepeda motor di Pasngkalpinang
 
Selain itu mereka membagikan brosur yang merupakan langkah edukasi kepada masyarakat untuk lebih tertib berlalu lintas di jalan raya.
 
Ia menjelaskan tujuan Ops Keselamatan Singgalang 2024 yang dimulai pada 4-17 Maret 2024 ini merupakan wujud nyata dari komitmen kepolisian dalam menjaga keselamatan masyarakat dalam berlalu lintas dan mendorong masyarakat untuk menjadi pelopor keselamatan.
 
"Harapannya angka pelanggaran maupun korban kecelakaan lalu lintas dapat diturunkan dalam rangka menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah," katanya.

Baca juga: Polisi bagikan helm gratis untuk pengendara di Jakarta Barat
 
Melalui Satuan Lalu Lintas juga telah melakukan penindakan terhadap pelanggar berupa tilang sebanyak 475 dan teguran sebanyak 350.
 
"Rata-rata pelanggaran didominasi pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm sebanyak 370 pelanggar. Untuk itu, kami terus menggalakkan dan memasifkan kegiatan agar para pengendara untuk selalu menggunakan helm, sehingga Polres berinisiatif dengan membagikan helm gratis kepada masyarakat," ujarnya.

Baca juga: BRIN pamerkan produk riset, dari pengharum hingga helm di InaRI Expo
 
Ia menegaskan keselamatan berlalu lintas adalah tanggung jawab bersama.
 
"Kami mengajak seluruh masyarakat di Pasaman Barat untuk bersama-sama menjaga keselamatan di jalan raya dengan mematuhi segala aturan dan menggunakan perlengkapan keselamatan seperti helm saat berkendara," ajaknya.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024