"Pada hari ini kita menggelar penertiban kendaraan dalam Operasi Keselamatan Menumbing 2024 dengan mendampingi Dinas Perhubungan Babel, Jasa Raharja dan Badan Keuangan Daerah Provinsi Babel di jalur lintas Pangkalpinang-Sungaliat,"
Pangkalpinang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung membagikan helm kepada sejumlah pengendara sepeda motor yang melintas saat petugas menggelar Operasi Keselamatan Menumbing 2024 di Kota Pangkalpinang.

"Pada hari ini kita menggelar penertiban kendaraan dalam Operasi Keselamatan Menumbing 2024 dengan mendampingi Dinas Perhubungan Babel, Jasa Raharja dan Badan Keuangan Daerah Provinsi Babel di jalur lintas Pangkalpinang-Sungaliat," kata Kasubdit Regident Direktorat Lalu Lintas Polda Babel AKBP Sarwo Edi Wibowo di Pangkalpinang, Kamis.

Pada operasi penertiban itu, para petugas melakukan pemeriksaan sejumlah pengendara sepeda motor dan mobil yang sedang melintas dalam operasi ini karena tidak melengkapi kelengkapan pengendara maupun kendaraan.

Selain melakukan penertiban, pihaknya juga memberikan pemahaman agar para pengendara lebih taat aturan sekaligus memberikan helm kepada pengendara sepeda motor yang ditemukan tidak menggunakan helm.

"Pemberian helm ini kita lakukan agar pengendara sepeda motor semakin paham pentingnya penggunaan helm untuk keselamatan pengendara," katanya.

Ia mengatakan kegiatan penertiban kendaraan dalam Operasi Keselamatan Menumbing 2024 ini dilakukan bersifat pendampingan kepada instansi terkait.

Dalam operasi ini penertiban lebih mengarah ke pelanggaran yang dilakukan pengendara sepeda motor dan pengemudi mobil yang kasat mata.

"Kita hanya pendampingan karena mereka mengirimkan permintaan bersurat untuk giat razia gabungan dengan sasaran ke sepeda motor dan mobil yang kasat mata melanggar aturan," katanya.

Menurut dia, selama pelaksanaan operasi ini petugas menemukan pelanggaran yang terjaring didominasi oleh pengendara sepeda motor, dengan jenis pelanggaran antara lain surat yang tidak lengkap dan perilaku berkendara yang melawan arah.

Ia mengimbau agar pengendara dapat tertib dan patuh peraturan dalam berkendara terutama dalam hal kelengkapan berkendara.

"Kelengkapan baik perorangan maupun kendaraan mohon dilengkapi, kami minta masyarakat dapat tertib dan taat terutama penggunaan helm sangat penting," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Try Mustika
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024