Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Rabu pagi membuka pameran perdagangan Indonesia yang berlangsung di kawasan Pekan Raya Jakarta.

Presiden dalam acara yang berlangsung mulai pukul 10:00 WIB tersebut didampingi oleh Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan sejumlah pejabat lainnya, para duta besar negara sahabat dan juga pengusaha asal dalam dan luar negeri.

Acara yang diselengarakan oleh kementerian perdagangan itu akan berlangsung hingga 21 Oktober 2012.

Pada penyelenggaraan tahun lalu setidaknya 8.300 pembeli dari 100 negara hadir dengan total transaksi 225,9 juta dolar AS dalam bentuk barang dan juga 238,5 juta dolar AS dalam bentuk serapan tenaga kerja.

Dalam sambutannya menteri perdagangan mengatakan akan ada 5.300 pembeli yang hadir dari 100 negara dengan target transaksi mencapai 2 miliar dolar AS.

"Kami tahu target ini cukup ambisius namun kami yakin dapat mencapainya," kata Gita

Peserta trade expo Indonesia ini diikuti oleh seluruh provinsi, BUMN dan pengusaha asal Indonesia. Barang yang dipamerkan berbentuk produk olehan, produk tanaman, buah-buahan dan kerajinan. "Dari mulai handy craft hingga aircraft," kata Gita.

(P008/S004)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012