Natuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau melalui Tim Penggerak PKK mendirikan gerai produk unggulan daerah di Serasan, Natuna, perbatasan Indonesia - Malaysia.

"Jadi Gerai PKK Serasan adalah bagian dari kreativitas dalam memaksimalkan olahan produk lokal yang dikelola dengan branding yang menarik, dan memiliki tempat terpusat sehingga mudah bagi masyarakat maupun pengunjung yang datang dalam memperoleh produk lokal," kata Ketua Penggerak PKK Kabupaten Natuna, Septi Dwiani di Natuna, Sabtu.

Ia mengatakan, Gerai PKK kecamatan Serasan diberi nama "Waroeng PKK" dan sengaja dibangun dalam upaya mendukung program pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat serta mendukung adanya Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di daerah perbatasan tersebut.

Selain itu, gerai tersebut menyajikan berbagai produk unggulan Natuna khususnya produk khas Serasan, seperti makanan dan kerajinan dari berbagai jenis, termasuk hasil olahan tikar pandan.

"Ini adalah Gerai PKK pertama di Kabupaten Natuna, sehingga patut diapresiasi kreativitas dan inovasi yang dijalankan oleh PKK Serasan," ujarnya.

Ia berharap agar PKK kecamatan lain dapat mengadopsi gagasan ini dalam pengembangan produk sesuai dengan potensi lokal masing masing kecamatan.

Sementara, Ketua PKK Kecamatan Serasan, Eveline menyampaikan bahwa dengan adanya Gerai PKK atau “Waroeng PKK" dapat menunjang perekonomian warga yang merupakan bagian dari program PKK kecamatan untuk mendukung pengembangan potensi lokal.

"Juga sebagai peningkatan keterampilan ibu PKK dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Mempersiapkan diri ketika PLBN telah beroperasi, karena kita berada di perbatasan," ujarnya.

Baca juga: Rumah Sakit Badau di batas RI-Malaysia belum miliki dokter spesialis
Baca juga: TNI dan Tentara Malaysia olahraga bersama memelihara hubungan baik

 

Pewarta: Cherman
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023