Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman didampingi Penjabat Bupati Takalar Setiawan Aswad meresmikan tanggul pengaman abrasi di Desa Pa'lalakkang, Galesong, Kabupaten Takalar, Sabtu.

Pembangunan talud pengaman abrasi Takalar dilakukan di tiga desa yakni Desa Bontokanang, Desa Mappakalompo, dan Desa Pa'lalakkang. Pembangunannya berasal dari bantuan keuangan senilai Rp15 miliar pada tahun 2022.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulsel bersama warga Palalakkang melakukan dengar pendapat terhadap berbagai harapan masyarakat pesisir Galesong. Tidak sedikit dari mereka yang masih mengharapkan pembangunan tanggul berkelanjutan.

"Tahun ini kami memberikan bantuan lebih besar dari tahun sebelumnya sebesar Rp25 miliar. Bantuan keuangan ini juga masih diperuntukkan untuk pembangunan talud pengaman abrasi," ujar Andi Sudirman.

Baca juga: Diterjang abrasi, puluhan makam dua dusun di Takalar-Sulsel rusak

Baca juga: Gubernur: Percepat pembangunan tanggul penahan abrasi di Takalar


Berdasarkan pantauan ANTARA, tidak sedikit dari rumah warga yang berada di sepanjang pantai Kecamatan Galesong telah terdampak abrasi. Hal tersebut berdampak pada aktivitas pekerjaan para warga pesisir.

Meski demikian, tidak sedikit pula yang tetap bertahan di tengah ancaman abrasi, khususnya pada musim penghujan dengan cuaca ekstrem.

Salah satu warga bernama Rusli Iswan mengaku sebelum adanya tanggul abrasi ini, rumah warga banyak yang rusak akibat tergerus ombak dari pantai.

“Di sini dulu memang parah waktu tidak ada tanggul, banyak rumah yang sudah pindah karena air sudah naik. Sekarang sudah ada tanggul, kami masih bisa bertahan tinggal, kami tidak takut lagi tinggal,” ujar dia.

Ia pun sangat berbangga dan berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari Pemprov Sulsel.

“Atas nama warga Desa Pa’lalakkang menyampaikan terima kasih kepada Bapak Gubernur dan bapak Bupati telah dibangun tanggul di Desa kami,” ujar dia.

Senada yang diungkap oleh Mustain Daeng Ngila. “Alhamdulillah, tidak abrasi lagi. Terima kasih atas bantuan keuangan untuk pembangunan tanggul,” kata dia.*

Baca juga: Aktivis lingkungan UNM libatkan masyarakat pesisir tanam pohon

Baca juga: Plt Gubernur Sulsel tinjau abrasi di Takalar

 
Gubernur Sulsel Andi Sudirman didampingi Bupati Takalar saat meresmikan talud penahan abrasi di Desa Palalakkang, Takalar, Sabtu (11/02/2023). ANTARA Foto/HO-Humas Pemkab Takalar

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023