Jakarta (ANTARA) - SKK Migas bersama kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) Citic Seram Energy Ltd menemukan indikasi hidrokarbon berupa gas melalui kegiatan pengetesan ulang uji lapisan di sumur eksplorasi Lofin-2 (re-entry), merupakan salah satu berita ekonomi Sabtu (11/2)  yang paling banyak dibaca.

  Berita lain, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mendorong generasi muda segera mengembangkan usaha pertanian dengan inovasi sebagai bekal masa depan menuju pertanian yang maju, mandiri, dan modern, juga cukup populer.

Berikut ini berita-berita ekonomi kemarin yang cukup populer dan masih layak disimak pada Minggu pagi ini:

  SKK Migas temukan cadangan gas di Pulau Seram Maluku

  SKK Migas bersama kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) Citic Seram Energy Ltd menemukan indikasi hidrokarbon berupa gas melalui kegiatan pengetesan ulang uji lapisan di sumur eksplorasi Lofin-2 (re-entry).

  Sumur tersebut terletak di Wilayah Kerja (WK) Seram Non-Bula, Desa Seti, Kecamatan Seram Utara Timur Seti, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

  BI: QRIS alat efektif bantu UMKM naik kelas

  Bank Indonesia menyatakan bahwa Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari BI dapat membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk naik kelas.

  "QRIS memang adalah alat yang yang efektif bagi UMKM untuk naik kelas. Karena dengan QRIS aktivitasnya (transaksi, red.) terlihat," kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Jateng Rahmat Dwi Saputra, di Semarang, Sabtu.

  Airlangga Hartarto: Hilirisasi buat nilai tambah ekonomi Indonesia

  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan program hilirisasi yang terus didorong pemerintah pusat akan membuat nilai tambah ekonomi bagi Indonesia.

  "Sebagai partai pendukung pemerintah, Golkar selalu mendorong agar ada nilai tambah dari kekayaan mineral yang ada di Indonesia," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

  Mentan optimistis pertanian RI kuat hadapi tantangan krisis pangan

  Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo optimistis sektor pertanian Indonesia bisa menghadapi berbagai tantangan ke depan seperti krisis pangan yang diakibatkan oleh ketegangan di dunia.

  "Pertanian harus menjadi kekuatan bangsa. Kita, Indonesia tidak boleh ragu baik terkait tantangan krisis pangan, cuaca buruk, dan ketegangan dunia, pertanian dan petani siap untuk menjadi penyangga pangan bangsa ini," kata Mentan di Bandarlampung, Lampung, Sabtu.

  Mentan dorong generasi muda kembangkan usaha pertanian dengan inovasi

  Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mendorong generasi muda segera mengembangkan usaha pertanian dengan inovasi sebagai bekal masa depan menuju pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

  "Untuk bisa mengembangkan usaha tani, generasi milenial bisa memanfaatkan layanan kredit usaha rakyat (KUR) pertanian sebagai akses permodalan yang berbunga rendah," katanya dalam kegiatan Training of Trainer (TOT) Low Cost Precision Lampung di Lampung Selatan, Lampung, Sabtu.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023