Sosok Erick Thohir begitu mendominasi dibanding dengan figur Cawapres lainnya
Jakarta (ANTARA) - Pengamat Politik Yuari Prayanto mengatakan Menteri BUMN Erick Thohir mendominasi figur sosok calon wakil presiden paling potensial untuk Pemilu 2024.

"Erick Thohir paling menonjol dibandingkan dengan figur-figur muda saat ini," kata Yuari Prayanto dalam keterangan diterima di Jakarta, Minggu.

Daya elektoral kuat yang dimiliki Menteri BUMN Erick Thohir menjadikannya figur Calon Wakil Presiden (Cawapres) paling potensial. Sosok Erick Thohir begitu mendominasi dibanding dengan figur Cawapres lainnya.

Yuari Prayanto mengatakan Erick Thohir semakin menguat menuju Pilpres 2024. Bahkan, kehadirannya menjadi favorit bagi masyarakat, meski terbilang sebagai figur tokoh profesional muda.

Baca juga: Erick Thohir dinilai pas jadi cawapres jembatani komunikasi parpol KIB

Dia mengungkapkan karakteristik Erick Thohir yang rendah hati dan punya semangat tinggi tentu membuatnya makin digemari. Hal demikian tidak terlepas dari kecemerlangan Erick Thohir dalam memimpin Kementerian BUMN.

Di samping itu, menurut dia, Erick Thohir merupakan figur yang sangat visioner, paling tidak dalam upaya untuk mempercepat laju kemajuan bangsa Indonesia di masa depan.

"Erick Thohir banyak membawa ide cemerlang dan membuka wawasan masyarakat Indonesia," katanya.

Baca juga: Akademisi: Sifat egaliter mudahkan Erick Thohir diterima masyarakat
Hal itu, kata dia telah dibuktikan dengan menghadirkan banyak pencapaian di Kementerian BUMN, mulai dari peningkatan pendapatan, program pro kerakyatan, serta komitmen pemberantasan korupsi.

"Idenya tidak ada habis-habisnya, ada aja idenya,” ucap dia.

Diketahui di bawah komando Erick Thohir, laba Kementerian BUMN mengalami peningkatan signifikan. Mulai dari Rp13 triliun di 2020 menjadi Rp124,7 triliun di 2021.

Berdasarkan data Kementerian BUMN triwulan III 2022, laba BUMN tercatat mencapai Rp155 triliun. Situasi tersebut makin berkembang positif dan semakin memunculkan potensi kenaikan hingga Rp 200 triliun.
Baca juga: PWNU Jatim: Pernyataan Gus Salam soal Erick tak wakili organisasi
Baca juga: Pengamat nilai Erick Thohir mampu teruskan kinerja Jokowi

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023