Jauh sekali beda harganya dengan harga pasaran.
Martapura (ANTARA) - Ribuan warga Kota Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan(Sumsel) 'menyerbu' pasar murah yang digelar Bulog, di Lapangan Kecamatan Martapura untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok yang dijual dengan harga terjangkau.

"Saya sengaja menunggu sejak pagi hingga pasar murah ini dibuka pukul 10.00 WIB untuk membeli sembako," kata Ida, salah seorang ibu rumah tangga warga Martapura, ibu Kota Kabupaten OKU Timur, Minggu.

Ida mengaku sangat terbantu dengan adanya pasar murah yang digelar Bulog OKU ini, karena masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah dapat membeli sejumlah barang kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Dalam pasar murah ini tersedia paket sembako berupa 5 kilogram beras kualitas medium, dan satu liter minyak goreng kemasan merek Fortune yang dijual seharga Rp61.000 per paket.

"Jauh sekali beda harganya dengan harga pasaran. Di pasar murah ini juga jumlah pembelian tidak dibatasi atau boleh membeli lebih dari satu paket," katanya pula.

Ia berharap operasi pasar murah sembako tersebut dapat digelar secara berkelanjutan, agar masyarakat dapat terbantu di tengah lonjakan harga kebutuhan pokok di pasaran.

Kepala Bulog Kabupaten OKU Julkhaidar Romadhon menjelaskan, operasi pasar murah itu dilakukan berdasarkan instruksi dari pemerintah pusat yang bertujuan untuk menekan inflasi sekaligus menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok khususnya komoditas beras medium dan minyak goreng yang merangkak naik di pasaran.

"Pasar murah ini kami gelar di seluruh wilayah kerja Bulog di OKU Raya meliputi tiga kabupaten, yaitu OKU, OKU Timur, dan OKU Selatan," ujarnya pula.

Dia menjelaskan, dalam operasi pasar murah, pihaknya menyiapkan sebanyak 300 ton beras medium, 50 ribu liter minyak goreng, dan 30 ton tepung terigu yang dikemas dalam paket sembako.

Untuk paket sembako berisi 5 kilogram beras dan satu kilogram tepung terigu kemasan dijual di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) dari pemerintah yaitu seharga Rp57.000/paket.

"Operasi pasar murah ini kami gelar hampir di seluruh kecamatan di OKU Raya. Setiap kecamatan didistribusikan sebanyak 2.000 paket sembako," ujarnya lagi.
Baca juga: Pedagang pasar di Jakut menanti pasokan beras Bulog dan Minyakita
Baca juga: Bulog Jambi gelar pasar murah di pasar tradisional

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023