Kami yakin pada tahun ini jumlah kunjungan wisatawannya akan capai target.
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT) optimistis jumlah kunjungan wisatawan ke NTT pada tahun 2023 akan melebihi target dari yang ditentukan.

“Kami yakin pada tahun ini jumlah kunjungan wisatawannya akan capai target, bahkan bisa melebihi target yang sudah ditentukan,” kata Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Sony Libing, di Kupang, Senin.

Hal itu disampaikannya berkaitan dengan datangnya kapal wisata berbendera Bahawa, yang membawa 135 wisatawan untuk berwisata di daerah itu.

Sony mengaku optimis karena saat ini kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo dan beberapa kawasan wisata di NTT cukup meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Hal ini karena sejumlah aturan soal COVID-19 sudah dicabut, sehingga wisatawan lebih bebas untuk bepergian,” ujar dia.

Jika dibandingkan dengan tahun 2022, jumlah kunjungan wisatawan yang berwisata di NTT hanya mencapai 800-an wisatawan baik mancanegara dan domestik.

Lebih lanjut, kata dia lagi, untuk dapat mencapai target dan melebihi target pemprov terus melakukan promosi daya tarik wisata secara besar-besaran baik melalui media massa, media elektronik, media sosial, maupun promosi langsung di berbagai acara tingkat nasional maupun internasional.

Selain promosi, kata dia, pemprov dan kabupaten di NTT juga menyiapkan berbagai kegiatan pariwisata dan budaya guna menarik kunjungan wisatawan secara langsung di daerah-daerah.

Lebih lanjut terkait kunjungan wisatawan ke Kupang menggunakan kapal wisata Star Breeze, dia mengatakan bahwa sejumlah wisatawan itu sudah tiba sejak pagi pukul 06.37 WITA dan sudah diajak berkeliling Kota Kupang dan wisata kuliner dari Se'i di Baun Kabupaten Kupang.

“Kami juga siang tadi saat makan siang sudah kami jamu makan siang bersama sebagai tanda ucapan selamat datang kami kepada mereka,” ujar dia.

Lebih lanjut, menurut dia, saat tiba di Kupang, pihaknya sudah menyiapkan tiga unit bus, Damri untuk mengajak sejumlah wisatawan itu berkeliling.

Pada Senin malam nanti Pemprov NTT juga akan menjamu sejumlah wisatawan itu untuk makan malam bersama di salah satu tempat makan di Kota Kupang dengan sejumlah makanan tradisional.

“Mereka akan berada di Kota Kupang selama satu malam, dan besok akan bertolak ke Taman Nasional Komodo,” ujar dia pula.
Baca juga: Desa wisata Wae Rebo raih penghargaan "ASEAN Community Based Tourism"
Baca juga: Kapal pesiar Star Breeze berbendera Bahama sandar di Kupang

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023