perpustakaan keliling sebagai suatu sarana peningkatan minat baca
Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Provinsi Kalimantan Tengah menggiatkan operasional perpustakaan keliling untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

"Untuk mengatasi kesenjangan informasi, kami berusaha memberikan layanan informasi kepada masyarakat yang salah satunya dilakukan dengan menyediakan layanan perpustakaan keliling," kata Kepala Disperpusip Kalteng Nunu Andriani di Palangka Raya, Senin.

Layanan perpustakaan keliling akan terus digiatkan dengan menjangkau berbagai lokasi pada berbagai daerah di Kalteng. Tentunya layanan perpustakaan keliling ini tak hanya dilakukan Disperpusip provinsi, tetapi juga oleh masing-masing kabupaten dan kota.

"Layanan ini perlu dikembangkan dan diperkenalkan kepada masyarakat, agar mereka dapat memanfaatkan perpustakaan keliling sebagai suatu sarana peningkatan minat baca," ujarnya.

Adapun layanan perpustakaan keliling oleh Disperpusip Kalteng adalah menyasar lokasi-lokasi strategis maupun potensial untuk meningkatkan minat baca masyarakat, salah satunya pada agenda Car Free Day (CFD) di Palangka Raya setiap Minggu pagi.


Baca juga: Perpustakaan Nasional dorong Kalteng perbanyak buku konten lokal
Baca juga: Pemprov Kalteng dorong swasta terlibat kembangkan perpustakaan desa

Layanan perpustakaan keliling di lokasi CFD dilakukan bersama Komunitas Donasi Literasi, Taman Baca Laskar Pelangi Palangka Raya, Duta Baca Kota Palangka Raya, Komunitas Read Aloud Kalimantan Tengah, dan komunitas literasi lainnya, serta diprogramkan agar berlangsung setiap minggu.

Lebih lanjut disampaikan, pihaknya juga terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan maupun sarana prasarana pendukung di perpustakaan daerah pada Disperpusip Kalteng.

Perpustakaan umum pertama di Palangka Raya ini, bahkan tampak semakin diminati pengunjung, baik yang datang untuk membaca, mengerjakan tugas, ataupun membuat kartu anggota.

Berdasarkan data Online Public Access Catalog (OPAC), jumlah pendaftar anggota perpustakaan terbanyak pada bulan Maret di tahun 2021 sebanyak 366 anggota dan bulan September pada tahun 2022 sebanyak 448 anggota. Hingga saat ini, jumlah anggota Perpustakaan Kalteng berjumlah 28.715 anggota per 9 Februari 2023.

Baca juga: Pemprov Kalteng tingkatkan literasi masyarakat hadapi era digital
Baca juga: Gubernur Kalteng ingin bangun gedung perpustakaan di lokasi strategis
Baca juga: Perpustakaan di Kalteng gunakan pendekatan inklusi sosial

 

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023