Mbay (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Komodo Labuan Bajo mengingatkan warga tiga kecamatan di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mewaspadai curah hujan tinggi hingga 16 Februari 2023, yang berpotensi menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

"Waspada potensi hujan lebat yang dapat berdampak pada terjadinya bencana hidrometeorologi di Kecamatan Boleng, Kecamatan Macang Pacar, dan Kecamatan Mbeliling," kata Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Sti Nenotek ketika dihubungi dari Mbay, Ibukota Kabupaten Nagekeo, Selasa.

Hal itu dia sampaikan dalam prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat untuk wilayah Manggarai Barat dari Stasiun Meteorologi Komodo Labuan Bajo.

Sti mengatakan potensi bencana itu berkaitan dengan adanya curah hujan yang sangat tinggi atau di atas normal di wilayah Manggarai Barat saat ini. Kondisi itu tentunya dapat menyebabkan potensi banjir dan tanah longsor yang mengganggu aktivitas masyarakat pada tiga kecamatan tersebut.

Dia mengimbau warga untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah jika tidak terlalu mendesak. Sti mengingatkan agar warga berhati-hati dan tetap waspada karena kondisi hujan lebat mengakibatkan jalanan licin.

Baca juga: BMKG ingatkan warga Manggarai Barat untuk waspadai curah hujan tinggi

Selain itu Sti menyarankan warga yang bermukim pada daerah kemiringan atau tebing terjal untuk segera melakukan evakuasi mandiri ke tempat yang lebih aman apabila hujan intensitas tinggi turun dengan durasi yang cukup lama.

Sti juga mengajak semua pihak untuk memperbaharui informasi cuaca dari akun resmi BMKG dan berkoordinasi dengan pihak kebencanaan terkait.

"Pastikan segala informasi cuaca ini hanya diperoleh dari BMKG. Mohon selalu waspada," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat telah mengambil langkah antisipasi cuaca buruk dengan membangun Posko Siaga Bencana di Kantor BPBD Manggarai Barat.

Posko tersebut terbuka selama 24 jam dan siap menerima semua laporan kejadian bencana yang ada.

Baca juga: BMKG ingatkan warga Manggarai Barat waspada beraktivitas di laut
Baca juga: BMKG ingatkan warga Manggarai Barat waspada banjir dan tanah longsor

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023