Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meluncurkan Kirab Pemilu Tahun 2024 di Kota Batam, Kepulauan Riau untuk sosialisasi kepada masyarakat Indonesia terkait dengan adanya 18 parpol yang sudah ditetapkan penyelenggara pemilu tersebut.

Komisioner KPU RI Parsadaan Harahap di Batam, Selasa mengatakan, Peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024 sebagai wadah sosialisasi menuju pesta demokrasi pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Kegiatan ini adalah program dan usaha KPU untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat Indonesia terkait dengan adanya 18 parpol yang sudah ditetapkan. Parpol nasional termasuk parpol lokal di Aceh," kata Parsadaan.

Adapun Peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024 juga dilakukan di 7 kantor KPU di Indonesia di antaranya Kantor KPU RI, Kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Kantor KPU Provinsi Kalimantan Barat, Kantor KPU Provinsi Kalimantan Utara, Kantor KPU Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara, Kantor KPU Provinsi NTT, dan Kantor KPU Provinsi Papua.

Ia menjelaskan dengan adanya kirab tersebut menjadi suatu pemicu bagi parpol untuk ikut secara maksimal mensosialisasikan parpolnya masing-masing.

Parsadaan menyampaikan untuk mencapai keberhasilan dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat di kabupaten/kota diperlukan kerja sama yang baik antara KPU dan memangku kebijakan di daerah setempat terutama pemerintah daerah.

"Untuk memastikan bahwa masyarakat mengetahui bahwa hari dan tanggal pemungutan suara serta kontestan yang akan mengikuti pemilu 2024," kata dia.

Komisioner KPU Kepri Widiyono Agung Sulistyo menyampaikan Kirab Pemilu Tahun 2024 akan dilaksanakan selama 4 hari di Kota Batam sebelum akhirnya dilanjutkan ke Kabupaten Bintan.

"Jadi silahkan diolah, misal di tempat ramai yang dikunjungi atau apapun. Intinya adalah mengenalkan dan juga mengingatkan kepada masyarakat pemilih bahwa sekarang ini merupakan 1 tahun menuju pemilihan umum 2024," kata Agung.

"Setelah dari Bintan lanjut ke Tanjungpinang, juga ada serah terima serta sosialisasi di kecamatan," tambah dia.

Agung menjelaskan pada tanggal 28 Februari 2024, Kirab Pemilu Tahun 2024 akan melanjutkan perjalanan ke Provinsi Bangka Belitung melalui Pelabuhan Sri Bayintan Kijang, Kabupaten Bintan.

Baca juga: KPU RI: Kirab pemilu segarkan semangat 1 tahun jelang pemungutan suara

Baca juga: KPU luncurkan Kirab Pemilu 2024 di tujuh kota di Indonesia besok

Baca juga: Ketua KPU RI pimpin pembacaan ikrar Pemilu 2024


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023