Padang (ANTARA) - Asistant Deputy Minister for International Cooperation at The Ministry Education and Delegation Arab Saudi, Dr Abdulrahman Ali Al-Amri menawari mahasiswa dan dosen berprestasi di Unand untuk melanjutkan pendidikan di Kerajaan Arab Saudi.

"Kami menawarkan kepada Rektor Unand untuk memilih 10-20 mahasiswa dan dosen berprestasi untuk melanjutkan pendidikan dengan surat khusus di Kerajaan Arab Saudi," katanya di Padang, Selasa.

Ia mengatakan dengan surat khusus dari Kedutaan Besar Arab Saudi tersebut, mahasiswa dan dosen terpilih akan mendapatkan kemudahan dalam pengurusan semua proses yang dibutuhkan.

"Dosen yang sudah S2 bisa melanjutkan studi S3 di Arab Saudi. Setelah lulus kembali melanjutkan pengabdian di Unand," kata dia.

Baca juga: Arab Saudi-Universitas Andalas jajaki kerja sama pendidikan

Baca juga: Universitas Andalas buka penerimaan mahasiswa 2023 jalur prestasi


Salah satu kemungkinan kendala menurutnya adalah persoalan bahasa. Namun, sudah ada solusi untuk hal itu karena beberapa universitas di Kerajaan Arab Saudi memiliki program pengajaran Bahasa Arab secara daring.

Dr Abdulrahman Ali Al-Amri mengatakan di Arab Saudi terdapat 29 universitas negeri dan 34 universitas swasta. Dari semua universitas itu ada enam yang telah mendapatkan penilaian internasional.

Kemudian ada dua universitas yang termasuk 200 universitas terbaik internasional dan lima lainnya masuk golongan 500 universitas terbaik internasional.

Kerajaan Arab Saudi juga terus mengupayakan untuk mempermudah syarat dan pengurusan VISA agar bisa keluar lebih cepat.

"Kita usahakan VISA bisa terbit dalam 50 hari dan ke depannya bisa dalam 30 hari saja," katanya.

Rektor Unand prof Dr Yuliandri menyebut tawaran tersebut merupakan peluang bagi mahasiswa dan dosen Unand untuk bisa meningkatkan SDM.

Namun, karena ada persyaratan yang harus dipenuhi maka persiapan harus dilakukan dengan matang. Soal bahasa misalnya, karena harus aktif dalam Bahasa Arab dan Inggris.*

Baca juga: Serukan transisi energi, Kementerian ESDM gelar Energy Fest di Unand

Baca juga: Unand tambah kuota penerimaan mahasiswa kedokteran pada 2024

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023