Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) Abhiram Singh Yadav menargetkan tiga emas pada SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja, 5-17 Mei.

Target tersebut dinilai realistis karena tim kriket Indonesia mampu unjuk gigi dalam berbagai ajang internasional. Abhiram mengatakan saat ini untuk sektor putri, skuad Merah Putih menempati peringkat 20 dunia, sementara untuk putra ada di posisi 57.

"Ini tentu merupakan kolaborasi bersama dari perjuangan kriket dalam beberapa tahun terakhir. Ke depannya, sesuai dengan amanat KONI Pusat dan Kemenpora, pada SEA Games 2023 kami menargetkan tiga medali emas," kata Abhiram dalam pelantikan dan pengukuhan PP PCI periode 2023-2027 di Kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kriket berjuang agar dipertandingkan di Olimpiade Los Angeles 2028

Tak hanya SEA Games Kamboja, Abhiram juga bertekad untuk bisa membawa kriket Indonesia lebih berprestasi di level lebih tinggi termasuk Asian Games XIX di Hangzhou, China dan bisa tampil Piala Dunia Kriket.

"Kami berharap bisa menembus Piala Dunia Senior Putri untuk tahun ini dan kualifikasi Piala Dunia U-19 Putra. Sehingga Indonesia bisa menjadi langganan tampil di Piala Dunia," ujar Abhiram menambahkan.

Sekadar informasi, penampilan terakhir tim kriket Indonesia pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Kala itu, skuad Merah Putih membawa pulang satu perak dan satu perunggu. Sedangkan Malaysia menjadi yang terbaik dengan satu emas, satu perak, dan satu perunggu.

Dalam dua edisi SEA Games terakhir yakni di Filipina pada 2019 dan di Vietnam, cabang olahraga kriket tidak dipertandingkan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman mendukung penuh PP PCI untuk bisa terus membawa kriket Indonesia berprestasi di kancah internasional.

"Saya berjanji untuk hadir bersama mereka (tim kriket Indonesia), sebagai rasa bangga dan kita mengingat apa yang diprediksi Ketum Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia benar-benar bisa mencapai target (di SEA Games Kamboja)," kata Marciano.

Baca juga: Chef de Mission Indonesia untuk tiga multievent resmi terpilih
Baca juga: KOI optimistis karate dan renang dapat berjaya di SEA Games Kamboja

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023